Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

PMII Tuntut DPRD Kawal Dugaan Pelanggaran Pengelolaan Retribusi TPI Palang
Selasa, 05-11-2019 | 21:15 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Sedikitnya 25 aktivis mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Tuban dan perwakilan nelayan, menggelar aksi demo di depan kantor DPRD Kabupaten Tuban, Selasa (5/11) siang.

Dalam aksi ini para aktivis mahasiswa meminta DPRD Tuban mengawal dan memfasilitasi, pertemuan dengan bupati, ketua DPRD dan semua pihak. Terkait dugaan pelanggaran dana retribusi pengelolaan tempat pelelangan ikan di Kecamatan Palang, Tuban.

Pasalnya dalam riset yang mereka lakukan, para aktivis mahasiswa ini menemukan adanya dugaan penyimpangan dana retribusi nelayan di TPI Palang, karena pengelolaan retribusi disana bersifat tertutup.

Selain itu, disisi lain tidak ada monitoring yang serius dari dinas perikanan dan peternakan tuban. Padahal, selama ini nelayan palang telah memberikan retribusi 2 persen dari hasil tangkapan mereka. Namun tidak ada timbal balik dari retribusi itu, baik bentuk infrastruktur maupun yang lainnya.

Usai berorasi di depan kantor DPRD, mahasiswa kemudian masuk ke gedung wakil rakyat tersebut untuk audiensi. Dalam pertemuan tersebut, mahasiswa ditemui oleh Ketua Komisi 3 DPRD Tuban Hartomo dan Kepala Dinas Perikanan Dan Peternakan Tuban, Amenan.

Dalam forum ini, mahasiswa meminta bertemu langsung dengan bupati dan ketua DPRD. Namun, karena keduanya tidak bisa menemui lantaran ada agenda rapat paripurna di DPRD hingga sore.

Lantaran tak ditemui bupati dan ketua DPRD, mahasiswa sepakat keluar forum dan keluar dari ruangan untuk menyuarakan aksinya di luar gedung DPRD.

Musthofatul Adib, Ketua cabang PMII Tuban, menhgatakan, mahasiswa berharap pihak DPRD segera mengagendakan pertemuan, dengan bupati, ketua DPRD, serta pihak-pihak terkait untuk membahas persoalan ini agar nelayan tidak terus dirugikan.  (yos)

Berita Terkait


Ratusan Mahasiswa Tolak Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan

Marak Calo SIM, Mahasiswa Demo Polres Tuban

Dinilai Melecehkan PMII, Ratusan Mahasiswa Demo Dosen

Mahsiswa PMII Bojonegoro Demo di Depan Kantor Pemkab, Tuntut Uang yang Didepositkan


Polda Jatim Apresiasi Demo Mahasiswa Surabaya dan Tetap Siagakan Personil

Demo Mahasiswa Sidoarjo Trobos Kawat Berduri

Demo Mahasiswa Tuntut Stop Maraknya Alih Fungsi Lahan Pertanian

Pelantikan Anggota DPRD Kota Pasuruan Diwarnai Aksi Demo Mahasiswa dan Warga

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber