Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Varian rasa dan isi lainnya juga tersedia, seperti pentol keju, jagung, telur dan ranjau. Foto Ali
Mengenal Rainbow Pentol Unik Banyak Rasa
Selasa, 05-11-2019 | 20:09 wib
Oleh : Ali Muhdor
Sampang pojokpitu.com, Jajanan pentol yang biasa dijual di kaki lima, lazimnya hanya isi daging atau bahkan tanpa isi. Nah, di Sampang, pentol isi jamur kuping sangat digemari warga.

Jajanan pentol sangat digemari yaitu jajanan Raintol, atau Rainbow Pentol. Dinamakan raintol bukan berarti pentol memiliki warna-warni, tetapi, Raintol yang dimaksud banyak rasanya, seperti warna pelangi yang banyak macamnya.

Raintol berada di kedai kecil salah satu usaha milik warga di jalan Salak Kabupaten Sampang. Sofiyatul hayati yang pelaku usaha raintol mengaku, berawal dari coba-coba. Sebab dasar hobi makan, Pipit membuat sendiri pentol dengan banyak rasa.

Setelah mencicipi olahannya, Pipit merasa puas. Pipit juga memberi ke keluarga sendiri dan semuanya suka. Akhirnya, memberanikan diri untuk memproduksi lebih banyak dan menjualnya secara online hingga kini mempunyai kedai sendiri.

Semua bahan, seperti tepung tapioka, daging sapi, dan bumbu dapur lainnya digiling menjadi adonan. Nantinya sebagai bahan dibentuk menjadi pentol. Tidak lupa siapkan air panas di dalam panci.

Jamur kuping dipotong kecil-kecil, setelah itu masukkan ke dalam adonan tadi, kemudian dibentuk dengan tangan, masukkan ke dalam air panas.

Untuk isian jagung, adonan dan jagung diaduk menjadi satu kemudian dicetak dengan tangan membentuk bulatan kecil dan dimasukkan juga ke dalam air panas. Sedangkan untuk isian keju, ranjau, dan telur, tinggal masukkan saja satu-satu ke dalam pentol.

"Harga pentol sangat murah, saya menjual satu butir rainbow pentol hanya seribu saja," kata Pipit.

Dulu pipit bekerja sebagai guru honorer di Sampang. Karena merasa bayarannya tidak cukup untuk keperluan kekuarganya, Pipit mencoba berjualan rainbow pentol. (pul)

Berita Terkait


Mengenal Rainbow Pentol Unik Banyak Rasa

Pentol Darurat, Primadona Siswa Saat Bazar


Pedagang Pentol Ditemukan Tewas Dalam Keadaan Sujud

Wujud Syukur Timnas Juara Piala AFF, Kedai Bakso Bikin Pentol Sebesar Bola Sepak

Pentol Darurat, Primadona Siswa Saat Bazar

Sambil Mabuk Miras, Penjual Pentol Bawa Kabur Anak Orang

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber