Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Korupsi 1 Miliyar Lebih, 2 Kepala Desa Digelandang Polisi
Selasa, 05-11-2019 | 12:00 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Dua kepala desa asal Kabupaten Bojonegoro diamankan Satreskrim Polres Bojonegoro akibat terbukti korupsi Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) yang merugikan negara hingga miliyar rupiah.

Keduanya terbukti menyelewengkan dalam penggunaan dana untuk pembangunan masing-masing proyek di desanya, seperti pembangunan infrastruktur desa, dengan laporan palsu. 

Kades berinisial SA merupakan Kades Desa Sumberjo Kecamatan Trucuk dan HAR Kades Glagahwangi Kecamatan Sugihwaras Bojonegoro.
Kedua kades tersebut diperiksa berdasar hasil temuan kantor Inspektorat Bojonegoro, dan diketahui dana yang diselewengkan merupakan ADD dan DD tahun 2018.

AKBP Ary Fadli, Kapolres Bojonegoro, mengatakan, kedua oknum kades diketahui melakukan penyelewengan dalam penggunaan dana. "Diantaranya untuk pembangunan masing-masing proyek di desanya, seperti pembangunan infrastruktur desa yang dibuat-buat dengan laporan palsu," jelas Kapolres.

Sementara itu barang bukti dari kedua tersangka yang diamankan Satreskrim Polres Bojonegoro, berupa uang tunai Rp 500 juta lebih dan Rp 600 juta lebih, bersama berkas Lpj palsu dan juga sebuah mobil yang dibeli dari hasil korupsi tersangka.

Kedua tersangka dijerat dengan pasal 2 ayat 1  dan atau pasal 3 undang-undang RI nomor 31 tahun 1999, sebagaimana diubah dengan undang-undang RI nomor 20 tahun 2001, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, dengan ancaman pidana paling lama 20 tahun.

Dari laporan masyarakat adanya penyimpangan alokasi dana desa di Desa Sumberjo Kecamatan Trucuk , dari hasil penyelidikan dan audit dari inspektorat terapat kerugian negara Rp 551.590.550 juta

Kemudian Kepala Desa Glagahwangi, Kecamatan Sugihwaras juga dengan kasus yang sama kerugian negara Rp 601.921.785 juta. (yos)

Berita Terkait


Korupsi 1 Miliyar Lebih, 2 Kepala Desa Digelandang Polisi

Kades Ditahan Diduga Korupsi Dana Desa

Kompak Gelapkan Dana Desa, Oknum Kades dan Bendahara di Pasuruan Siap Disidangkan

Oknum Kades di Nganjuk Resmi Menjadi Tersangka Kasus Korupsi Dana Desa


Polisi Limpahkan Berkas dan Pelaku Korupsi Dana Desa

Polres Gresik Tahan Kades Segoromadu Karena Korupsi Dana Desa

Korupsi Dana Desa Rp 223 Juta, Kepala Desa Kedung Maling Mojokerto Ditahan Kejaksaan

Korupsi Dana Desa, Kepala Desa Ditahan Polisi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber