Berita Terbaru :
Sering Dijadikan Tempat Berkumpul, Taman Tajamara Disemprot Disinfectan
Rusunawa Pesantren Jombang Siap Tampung 80 Pemudik
Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Dapur Naik
   

Presiden Jokowi Dianggap Melakukan Langkah Tepat Terkait Perppu KPK
Politik  Senin, 04-11-2019 | 04:24 wib
Reporter :
Jakarta pojokpitu.com, Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah melakukan hal tepat ketika menanggapi kemungkinan penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang atau Perppu untuk menganulir UU KPK hasil revisi. Diketahui, Jokowi belum berniat menerbitkan Perppu untuk menganulir UU KPK hasil revisi. Jokowi menghargai upaya di Mahkamah Konstitusi (MK) terkait penerbitan Perppu tentang KPK.

"Jadi, apa yang dilakukan oleh presiden ialah satu hal yang sangat tepat," kata Hasto ditemui di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Sabtu (2/11).

Menurut Hasto, UU KPK hasil revisi dibuat secara konstitusional. Pemerintah dan DPR telah menyepakati perubahan aturan tersebut.
Menurut Hasto, Jokowi menghargai pihak yang menempuh jalur konstitusional atas keberatan terhadap UU KPK hasil revisi. Satu cara yang dinilai konstitusional menganulir UU KPK hasil revisi yakni upaya uji materi ke MK.

"Presiden menghormati proses konstitusional itu. Termasuk di dalam hak yang dimiliki oleh pihak-pihak untuk menggunakan yudicial review terhadap UU KPK itu," lanjut dia.

Menurut Hasto, Jokowi tidak bisa gegabah melontarkan pernyataan terkait kemungkinan penerbitan Perppu tentang KPK. Sebagai presiden, Jokowi wajib mengucapkan sesuatu berdasarkan perundang-undangan yang berlaku.

"Presiden dalam sumpahnya melaksanakan konstitusi dan UU dengan selurus-lurusnya. Ketika UU tentang revisi, UU KPK telah disepakati antara DPR dan pemerintah, yang memiliki basis legitimasi yang juga berasal dari rakyat, basis legalitas kekuasaan, melalui sebuah proses yang pemilu yang demokratis, tentu saja ketika ada pihak-pihak yang tidak setuju dengan UU tersebut, langkah yang harus dilakukan adalah ke MK," timpal dia. (mg10/jpnn/end)

Berita Terkait

Ini 5 Anggota Dewas KPK 2019-2023 Pilihan Jokowi

Presiden Jokowi Dianggap Melakukan Langkah Tepat Terkait Perppu KPK

Belum Mau Terbitkan Perppu KPK, Pak Jokowi Pilih Cari Figur untuk Dewan Pengawas
Berita Terpopuler
Jelang Ramadhan, Harga Kebutuhan Dapur Naik
Ekonomi Dan Bisnis  2 jam



Cuplikan Berita
Jalan Darmo dan Tunjungan Surabaya Ditutup 2 Minggu
Pojok Pitu

Berburu Manisnya Buah Srikaya Puthuk Tuban
Pojok Pitu

Banjir Rendam Tiga Titik Jalan Penghubung Antar Kecamatan
Jatim Awan

Zona Merah di Jatim Menjadi 23 Kabupaten Kota, Kasus Positif 187 Orang
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber