Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Jokowi Lantik Jendral Idham Azis Jadi Kapolri
Jum'at, 01-11-2019 | 14:19 wib
Oleh : Iman Pujiono
Jakarta pojokpitu.com, Usai menjalani rangkaian fit and proper test yang dilakukan komisi 3 DPR-RI, hari ini Jendral Idham Azis resmi menjabat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Idham dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta , Jumat (1/11) siang.

Jendral Idham Azis mengantikan posisi Tito Karnavian yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Mentri Dalam Negeri.

Pengangkatan Idham Azis sebagai Kapolri berdasarkan keputusan presiden nomor 97 tahun 2019, tentang pengangkatan Kepala Kepolisian RI. Keputusan presiden ini mulai berlaku sejak saat pelantikan pejabat.

Dalam pelantikan ini, Idham Azis naik pangkat menjadi jenderal polisi. Setelah pembacaan keputusan presiden tentang kenaikan pangkat, Jokowi lantas mengganti tanda pangkat Idham yang terpasang di pundak dari bintang tiga menjadi bintang empat.

Pelantikan tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden, MaKruf Amin beserta jajaran kabinet Indonesia Maju,  diantaranya Menko Polhukam, Mahfud MD, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, dan sejumlah pimpinan partai politik.

Sehari sebelumnya, Idham Azis resmi ditetapkan oleh DPR dalam rapat paripurna sebagai Kapolri. hal itu dilakukan setelah Idham lolos uji kepatutan dan kelayakan di komisi III DPR RI.

Idham membeberkan tujuh program prioritas untuk memajukan polridalam uji kelayakan dan kepatutan di DPR. Program tersebut merupakan penguatan Polri promoter alias profesional, modern dan terpercaya.

Setumpuk pekerjaan rumah telah menanti Komjen Idham Azis di kursi pucuk pimpinan Polri.  PR pertama Idham ialah menuntaskan kasus serangan teror berupa penyiraman air keras terhadap penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan.

Idham sebenarnya dianggap gagal menuntaskan kasus ini. Pasalnya, dua jabatan yang sebelumnya ia pangku yakni Kapolda Metro Jaya dan Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri memiliki tugas untuk menuntaskan kasus yang terjadi sejak 2017 ini.

Berita Terkait


Walikota Lantik Sekretaris Daerah Perempuan Pertama di Kota Probolinggo

Bupati Lumajang Lantik, Sekda

Jokowi Lantik Jendral Idham Azis Jadi Kapolri

Anik Maslachah Ditunjuk Sebagai Wakil Ketua DPRD Jatim


Bem Unair Nyatakan Lima Sikap Jelang Pelantikan Presiden

Polri, TNI dan Santri Doa Bersama Jelang Pelantikan Presiden

Jelang Pelantikan Santri Doa Untuk Keselamatan Bangsa

Jelang Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, Petugas Gabungan Disiagakan di Berbagai Daerah

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber