Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Temuan Sumur Purbakala di Sedati Sidoarjo
Kamis, 31-10-2019 | 13:40 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Berita Video : Temuan Sumur Purbakala di Sedati Sidoarjo
Sidoarjo pojokpitu.com, Sebuah temuan struktur batu bata, sumur purbakala, pecahan kramik dan tembikar yang diduga Kerajaan Medang, mataram kuno yang tertulis di prasasti kaladi tahun 831 saka atau 909 masehi ditemukan di Sidoarjo, Jawa Timur. Situs ini merupakan situs tertua jauh sebelum kerajaan jengala dan majapahit.

Sebuah situs sejarah yakni temuan struktur batu bata ,sumur purbakala , pecahan kramik dan tembikar berhasil ditemukan di sekitar wilayah area Tambak Desa Pepe Kecamatan Sedati Sidoarjo.

Struktur bangunan batu bata kuno yang tatanan bagunan membentuk sumur, dimana ukuran bata sekitar 15 hingga 25 meter dan ketebalannya sangat kuat ini sebagain hampir menjadi fosil atau mengeras, ditengarai merupakan sebuah situs sejarah yang di duga kerajaan medang, mataram kuno yang tertulis di prasasti kaladi tahun 831 saka atau 909 masehi.

Agung Handoko, pemerhati sejarah yang berhasil menemukan adanya sumur di Tambak Gadung Desa Pepe ini, sebutkan disinyalir ada struktur bangunan di sekitar sumur ini. 

"Indikasi tersebut tampak dari adanya sebuah pohon yang roboh disekitar sumur namun akar pohon tak merambat ke bawah tanah, namun akar malah menyamping dan tak bisa menembus di sekitar tanah disekitar lokasi sumur ini. Struktur ini sangatlah luas menghampar dan di temukan di beberapa titik," ujar Agus Handoko.

Tak sekedar temuan sumur semata, disekitar lokasi tambak juga ditemukan struktur bangunan batu bata yang memanjang yang disinyalir ada peradaban di lokasi ini. Selain temuan struktur juga di temukan sebuah pecahan keramik dan tembikar di area temuan tersebut.

Diharapkan dengan adanya temuan ini, pihak terkait Balai Pelestarian Cagar Buadaya (BPCB) segera melakukan tindak lanjut atas temuan tersebut. Sehingga budaya dan peradaban yang ada di lokasi sekitar Desa Pepe bisa terungkap. (yos/vd:yan)

Berita Terkait


Temuan Situs di Sedati Sidoarjo Diperkirakan Abad ke 12 Sebelum Majapahit Akan Dieskavasi

Situs Rumah Bangsawan Ditemukan Warga

BPCB Trowulan Lakukan Ekskavasi Temuan Struktur Bata di Dusun Pendem Batu

Terjunkan Tim Peneliti Periksa Kondisi Bawah Situs Sumberbeji


Warga Gelar Genduri, Sebelum Eskavasi Situs Penemuan Candi

Situs Ndalem Pojok, Tempat Soekarno Masa Kecil

Hacker Retas Situs Pemkab Madiun

Eskavasi Situs Kuno Arkeolog Temukan Bangunan Kuil
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber