Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

BNPB Turunkan 1 Helikopter Untuk Padamkan Karhutla Ijen
Senin, 28-10-2019 | 15:32 wib
Oleh : Iqbal Mustika, Handoko Khusumo
Banyuwangi pojokpitu.com, Satu helikopter BNPB diperbantukan kepada pihak BPBD Banyuwangi, untuk membantu pemadaman karhutla di Kawasan Taman Wisata Kawah Ijen. Cuaca angin yang begitu kencang, sempat membuat petugas kesulitan untuk memadamkan titik-titik api. Namun dengan bantuan pemadaman lewat jalur udara ini, diharapkan titik api segera bisa dipadamkan.

Sudah sepekan lebih, beberapa Gunung di Kabupaten Banyuwangi mengalami kebakaran. Bahkan, hingga kini tiga gunung di kawasan wisata kawah ijen masih terlihat beberapa titik api yang membakar semak di lereng gunung.

Selain itu, karena lokasi dan titik terbakarnya di tiga gunung tersebut sulit membuat kesulitan para petugas memadamkan api tersebut. Namun, kini Pemerintah Banyuwangi mendatangkan water bombing (melalui udara) untuk memadamkan titik api yang sulit di jangkau.

Sementara itu, bantuan helikopter jenis mi delapan bopb ini berangkat dari Bandara Blimbingsari dan melakukan pemadaman dari udara sehari dua kali. Mengambil air di wilayah perairan selat Bali, helikopter ini satu kali tembakan pemadaman mampu membawa empat ribu liter air.

Dalam babak pertama pemadaman di Lereng Gunung Marapi Ungup Ungup di petak satu, dilakukan mulai jam 08.00 Wib hingga jam 10.00 Wib dengan sebanyak tujuh kali pemadaman.

Kepala BPBD Fajar Suasana, mengatakan, di hari pertama menangani Karhutla di wilayah Taman Wisata Kawah Ijen berjalan lancar. "Dengan durasi kurang lebih sekitar 3 jam,  helikopter tersebut berhasil mengebom tujuh titik api. Dengan cuaca yang mendukung diharapkan titik api segera bisa di atasi," kata Fajar.

Sementara itu, penyevbab terjadinya kebakaran hutan ini masih belum bisa di tentukan. Sebab kebakaran gunung ini terjadi setiap tahunya di waktu musim panas. Namun, akibat angin kencang membuat api sulit dipadamkan. (yos/vd:yan)

Berita Terkait


Hutan Gunung Argo Tengah Juga Terbakar

Sebagian Api di Hutan Gunung Lawu Berhasil Dipadamkan

BNPB Turunkan 1 Helikopter Untuk Padamkan Karhutla Ijen

Hutan Jati Terbakar , Nyaris Sambar Bengkel dan Minimarket


Dua Titik Api Kebakaran Hutan Wlirang-Arjuna Padam

Tim Gabungan Pemadam Kebakaran Hutan Terkendala Medan

Kebakaran Hutan di Gunung Arjuno Terus Meluas, Bupati Pasuruan Harapkan Hujan Turun

Wagub Jatim Klaim Kebakaran Hutan di Jatim Tidak Parah

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber