Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Tarian juga untuk melestarikan budaya tradisional khas Blitar, yang mulai ditinggalkan oleh generasi muda. Foto Imron Danu
2019 Pelajar Blitar Gelar Tarian Celeng Saat Hari Sumpah Pemuda
Senin, 28-10-2019 | 11:43 wib
Oleh : Imron Danu
Blitar pojokpitu.com, Ribuan pelajar se Blitar raya mengikuti tarian celeng, di Halaman Pemkab Blitar. Tidak tanggung-tanggung, tarian kolosal ini berjumlah 2019 penari, sesuai dengan usia tahun.

Tari Celeng juga untuk melestarikan kesenian khas Blitar yang mulai ditinggalkan oleh generasi muda. Makna dari tarian celeng, menggambarkan keberanian para prajurit mataram melawan penjajah. Dengan gagah berani, prajurit mataram perang mengusir penjajah.

Tak pelak kegiatan ini mendapat sambutan baik oleh warga. Ribuan penonton pun rela berdesak desakan dan berpanas panasan untuk bisa melihat tarian kolosal.  

Ruri Ristiani Yuriswara salah satu peserta tari mengaku, untuk latihan menari celeng bersama teman-temannya selama satu bulan. Ruri juga bangga dan senang, mengikuti tari kolosal celeng. Saat momen sumpah pemuda Ruri berharap, agar generasi muda ikut mengembangkan budaya asli Indonesia, dan bukan budaya asing

Sementara itu Bupati Blitar Rijanto mengatakan, jumlah penari yang mengikuti tarian celeng sebanyak 2019 penari. "Untuk lebih memperkenalkan tarian celeng sejak dini, akan memasukkan ke kurikulum pendidikan," kata Rijanto.

Selain upaya melestarikan kesenian khas Blitar, juga diharapkan generasi muda lebih mencintai dan peduli dengan kesenian nenek moyang asli.  

Tarian kolosal celeng akan menjadi agenda rutin Kabupaten Blitar. Sebab bisa menarik wisatawan, sebab khas dan tidak dimiliki daerah-daerah lain. (pul)

Berita Terkait


2019 Pelajar Blitar Gelar Tarian Celeng Saat Hari Sumpah Pemuda


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber