Berita Terbaru :
Wastafel Mobile Polres Bangkalan Siap Layani Masyarakat
Para Bakal Calon Berebut Suara Warga NU di Pilkada Sumenep
Musim Panen Harga Bawang Merah Anjlok Drastis
   

Gelorakan Dolanan Tradisional di Tengah Serbuan Permainan Online
Metropolis  Sabtu, 26-10-2019 | 19:00 wib
Reporter : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Kemajuan teknologi tidak hanya membuat seluruh lapisan masyarakat sibuk akan gadgetnya hingga mengurangi interaksi sosial, bahkan kalangan anak-anak pun menjadi sosok yang individualis imbas dari serbuan permainan atau game online.

Menyikapi fakta itu, IKA ITS menggelar festifal dolanan yang mempertandingkan permainan tradisional seperti gobak sodor. 

Keseruan permainan gobak sodor, walaupun harus berpanas-panasan, tapi para mahasiswa ini tetap semangat menjaga kekompakan tim untuk bisa menang. Menjaga kekompakan, itulah yang saat ini tidak berlaku untuk permainan anak zaman sekarang, bahkan berbagai game online membentuk anak lebih menjadi sosok yang individualis.

Wahid Wahyudi, Ketua IKA ITS Jatim, menyampaikan, festifal dolanan ini digelar dalam rangka dies natalie its tahun 2019, dalam festifal ini dipertandingan sejumlah permainan tempoe doloe yakni bentengan, music patrol, dan gobak sodor yang diikuti para mahasiswa dan para pelajar SMA,SMK se Surabaya.

Wahid mengatakan, festival dolanan ini digelar untuk kembali membangun dan membangkitkan jiwa kebersamaan, persaudaraan, kompetitif, dan jiwa yang tangguh. 

"Dolanan ini mempertemukan secara fisik, sehingga persaudaraan terbangun dengan baik dan ini menjadi keseimbangan dengan era sekarang yakni era digital yang orang jarang bertemu," kata Wahid Wahyudi.

Sementara itu, Bambang Pramujadi, Wakil Rektor 4 ITS menambahkan, kegiatan ini diharapkan mampu menginisiasi kampus-kampus lain, untuk mengambangkan kegiatan yang sama yakni mengalakkan kembali berbagai permainan tradisional, agar bisa lebih masif dan bisa meminimalisir efek individualis akibat era digital. (yos)


Berita Terkait

Melestarikan Permainan Tradisional Meriam Bambu di Bulan Ramadhan

Sekelompok Pemuda Trenggalek Lestarikan Permainan Tradisional Meriam Bambu

Kurangi Ketergantungan Gadget, Pondok Pesantran Gelar Dolanan Tradisioanal

Gelorakan Dolanan Tradisional di Tengah Serbuan Permainan Online
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Puluhan Peserta UTBK Rapid Test di Lokasi Ujian
Pojok Pitu

Gempar, Bayi Perempuan Dibuang di Teras Rumah Warga
Pojok Pitu

Diduga Bawa BBM, Sebuah Mobil Terbakar di Dekat SPBU Keting
Jatim Awan

Diserang Tikus, Petani Ponorogo Resah
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber