Berita Terbaru :
Walikota Surabaya Minta Bantuan Rp 700 Miliar Untuk Akses GBT
Jokowi Teken PP, Pegawai KPK Resmi Jadi ASN
Pemkab Sidoarjo Bagi 15 Ribu Masker Gratis Untuk Penanganan Covid 19
Banyak yang Belum Tahu Arti Sebenarnya Warna Lampu Lalu Lintas
Menikah Kali Ke 4 di Tahanan, Napi Ini Disaksikan Tiga Mantan Istrinya
Kurikulum Darurat Sudah Terbit, Guru Tidak Perlu Bingung dalam PJJ
   

Perawatan Wajah Dengan Kunyit
Life Style  Sabtu, 26-10-2019 | 14:11 wib
Reporter :
pojokpitu.com, Dalam resep makanan khas Indonesia, tumbuhan dengan bagian dalam berwarna kekuningan ini ternyata juga memiliki beragam manfaat kesehatan. Tidak hanya untuk tubuh, kunyit juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan wajah Anda.

Faktanya, kunyit memiliki komponen bioaktif yang bernama kurkumin. Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M. Epid dari KliKDokter, komponen ini merupakan pembentuk warna kuning pada bagian dalam kunyit, yang juga memiliki sifat antioksidan dan anti-radang."Kurkumin pada kunyit menunjukkan aktivitas anti-radang, antioksidan dan bisa mempercepat penyembuhan luka jika digunakan dengan benar," ujarnya.

Manfaat kunyit untuk wajah
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kunyit dapat membantu memberikan beragam manfaat sehat untuk kulit wajah Anda. Apa saja manfaatnya?

1. Membuat wajah cerah alami
Seperti telah disinggung sebelumnya, kunyit mengandung antioksidan dan komponen anti-radang. Kombinasi keduanya dapat memberikan membantu mencerahkan kulit wajah apabila digunakan dengan cara yang tepat.Untuk mendapatkan manfaat yang dimaksud, Anda bisa mencoba masker wajah berbahan dasar kunyit.

Cara membuatnya: campurkan kunyit yang telah dihaluskan dengan sedikit Greek yoghurt dan madu. Lalu oleskan ke wajah Anda secara merata. Biarkan selama 15 menit, dan bersihkan dengan air mengalir setelahnya.

2. Menghilangkan bekas jerawat
Masker wajah berbahan dasar kunyit juga bisa membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang ditinggalkannya.Sifat anti-radang yang dimiliki kurkumin pada kunyit juga dapat memperbaiki struktur pori-pori wajah, sehingga mampu membuat kulit lebih tenang dan mengurangi jaringan parut.

3. Solusi psoriasis di wajah
Kandungan antioksidan dan anti-radang pada kunyit dapat membantu mengendalikan gejala psioriasis di wajah.Menurut National Psoriasis Foundation (NPF), manfaat tersebut bisa Anda rasakan dengan menambahkan ekstrak kurkumin pada makanan. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen yang dosisnya telah ditentukan oleh dokter.

Kunyit memang bisa memberikan beragam manfaat untuk kesehatan kulit wajah Anda. Akan tetapi, Anda mesti tepat dalam menggunakannya. Jika sembarangan, bukan tidak mungkin yang justru terjadi adalah efek samping merugikan.

Salah satu efek samping yang bisa terjadi akibat penggunaan kunyit secara sembarangan adalah reaksi alergi. Penelitian mengatakan bahwa paparan kurkumin (bagian kuning kunyit) pada kulit orang-orang yang sensitif bisa menyebabkan terjadinya iritasi, kemerahan, bahkan bengkak.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk tidak langsung menggunakan ramuan kunyit pada kulit sebelum melakukan uji coba sederhana. Uji coba yang dimaksud adalah dengan mengoleskan sedikit bagian kuning pada kunyit di lengan dan tunggu selama 24-48 jam.Jika tidak timbul reaksi apa pun, berarti Anda aman. Namun jika sebaliknya?muncul iritasi, kemerahan atau bengkak?sebaiknya hindari penggunaan kunyit dalam bentuk apapun tanpa pengawasan dari dokter.

Yang tak kalah penting, pastikan kondisi kulit wajah Anda benar-benar mendukung untuk melakukan prosedur yang dibutuhkan untuk merasakan manfaat yang diinginkan. Jika ragu, jangan sungkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.(NB/ RH/klikdokter)

Berita Terkait

Perawatan Wajah Dengan Kunyit

Perawatan Kulit Tanpa Operasi, Ini Caranya
Berita Terpopuler
Pemkab Sidoarjo Bagi 15 Ribu Masker Gratis Untuk Penanganan Covid 19
Metropolis  2 jam

Kurikulum Darurat Sudah Terbit, Guru Tidak Perlu Bingung dalam PJJ
Pendidikan  5 jam



Cuplikan Berita
Ratusan Ibu Hamil Swab Massal di Gelora Pancasila
Pojok Pitu

Begini Pengakuan Bupati Menanggapi Pemakzulan DPRD Jember
Pojok Pitu

Karyawan Toko Tipu Korban dan Gelapkan Ribuan Lpg
Jatim Awan

Sebanyak 65 Guru SMP di Surabaya Reaktif
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber