Berita Terbaru :
Polisi Tangkap Pencuri Motor Lengkap Dengan 7 Hasil Curian
Inspektorat Terjunkan 4 Tim Kejar Kutu Dalam Program BPNT
Pasukan Garuda Indonesia Mampu Akhiri Peperangan Antar Suku di Kongo
Lima Bulan Terakhir Jumlah Penderita HIV/Aids Bojonegoro Mencapai 39 Orang
TMMD Tulungagung Terapkan Protokol Kesehatan Selama Masa Pandemi Covid-19
Inovasi Batako Berbahan Dasar Abu Sisa Pembakaran Sampah
Menkes Serahkan Santunan Rp 300 Juta Kepada Nakes Gugur Covid 19
BMKG Instal Alat WRS Untuk Pemantauan Gempa Bumi atau Tsunami
Tradisi Nyadar, Ritual Penghormatan Petani Garam Digelar di Tengah Pandemi Covid-19
   

Perawatan Wajah Dengan Kunyit
Life Style  Sabtu, 26-10-2019 | 14:11 wib
Reporter :
pojokpitu.com, Dalam resep makanan khas Indonesia, tumbuhan dengan bagian dalam berwarna kekuningan ini ternyata juga memiliki beragam manfaat kesehatan. Tidak hanya untuk tubuh, kunyit juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan wajah Anda.

Faktanya, kunyit memiliki komponen bioaktif yang bernama kurkumin. Menurut dr. Resthie Rachmanta Putri, M. Epid dari KliKDokter, komponen ini merupakan pembentuk warna kuning pada bagian dalam kunyit, yang juga memiliki sifat antioksidan dan anti-radang."Kurkumin pada kunyit menunjukkan aktivitas anti-radang, antioksidan dan bisa mempercepat penyembuhan luka jika digunakan dengan benar," ujarnya.

Manfaat kunyit untuk wajah
Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kunyit dapat membantu memberikan beragam manfaat sehat untuk kulit wajah Anda. Apa saja manfaatnya?

1. Membuat wajah cerah alami
Seperti telah disinggung sebelumnya, kunyit mengandung antioksidan dan komponen anti-radang. Kombinasi keduanya dapat memberikan membantu mencerahkan kulit wajah apabila digunakan dengan cara yang tepat.Untuk mendapatkan manfaat yang dimaksud, Anda bisa mencoba masker wajah berbahan dasar kunyit.

Cara membuatnya: campurkan kunyit yang telah dihaluskan dengan sedikit Greek yoghurt dan madu. Lalu oleskan ke wajah Anda secara merata. Biarkan selama 15 menit, dan bersihkan dengan air mengalir setelahnya.

2. Menghilangkan bekas jerawat
Masker wajah berbahan dasar kunyit juga bisa membantu mengurangi jerawat dan bekas luka yang ditinggalkannya.Sifat anti-radang yang dimiliki kurkumin pada kunyit juga dapat memperbaiki struktur pori-pori wajah, sehingga mampu membuat kulit lebih tenang dan mengurangi jaringan parut.

3. Solusi psoriasis di wajah
Kandungan antioksidan dan anti-radang pada kunyit dapat membantu mengendalikan gejala psioriasis di wajah.Menurut National Psoriasis Foundation (NPF), manfaat tersebut bisa Anda rasakan dengan menambahkan ekstrak kurkumin pada makanan. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk suplemen yang dosisnya telah ditentukan oleh dokter.

Kunyit memang bisa memberikan beragam manfaat untuk kesehatan kulit wajah Anda. Akan tetapi, Anda mesti tepat dalam menggunakannya. Jika sembarangan, bukan tidak mungkin yang justru terjadi adalah efek samping merugikan.

Salah satu efek samping yang bisa terjadi akibat penggunaan kunyit secara sembarangan adalah reaksi alergi. Penelitian mengatakan bahwa paparan kurkumin (bagian kuning kunyit) pada kulit orang-orang yang sensitif bisa menyebabkan terjadinya iritasi, kemerahan, bahkan bengkak.

Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk tidak langsung menggunakan ramuan kunyit pada kulit sebelum melakukan uji coba sederhana. Uji coba yang dimaksud adalah dengan mengoleskan sedikit bagian kuning pada kunyit di lengan dan tunggu selama 24-48 jam.Jika tidak timbul reaksi apa pun, berarti Anda aman. Namun jika sebaliknya?muncul iritasi, kemerahan atau bengkak?sebaiknya hindari penggunaan kunyit dalam bentuk apapun tanpa pengawasan dari dokter.

Yang tak kalah penting, pastikan kondisi kulit wajah Anda benar-benar mendukung untuk melakukan prosedur yang dibutuhkan untuk merasakan manfaat yang diinginkan. Jika ragu, jangan sungkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.(NB/ RH/klikdokter)

Berita Terkait

Perawatan Wajah Dengan Kunyit

Perawatan Kulit Tanpa Operasi, Ini Caranya
Berita Terpopuler
Tradisi Nyadar, Ritual Penghormatan Petani Garam Digelar di Tengah Pandemi Covi...selanjutnya
Life Style  8 jam

BMKG Instal Alat WRS Untuk Pemantauan Gempa Bumi atau Tsunami
Peristiwa  7 jam

Menkes Serahkan Santunan Rp 300 Juta Kepada Nakes Gugur Covid 19
Kesehatan  6 jam

Inovasi Batako Berbahan Dasar Abu Sisa Pembakaran Sampah
Teknologi  5 jam



Cuplikan Berita
Dua Kadis Terpapar Covid-19, Kantor Terpaksa Dilockdown
Pojok Pitu

Pemkot Surabaya Tepis Isu Pemecatan Kadis DKRTH Surabaya
Pojok Pitu

Diserang Tikus, Petani Ponorogo Resah
Jatim Awan

Rumah Pegawai Lapas Mojokerto Jadi Sasaran Pelemparan Bom Molotov
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber