Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Demi Dapatkan Cashback, Remaja Surabaya Nekat Kirimkan Paket Fiktif
Jum'at, 25-10-2019 | 17:00 wib
Oleh : Ainul Khilmiah.
Surabaya pojokpitu.com, Tindak kejahatan order fiktif terhitung menjadi salah satu jenis tindak pidana yang sedang marak terjadi. Demi mendapatkan cashback yang ditawarkan salah satu aplikasi jual beli online, tiga remaja di Surabaya nekat mengirimkan paket fiktif dalam transaksi jual beli palsu.

3 pelaku yang terlibat, mengaku mengoperasikan akun penjual fiktif dalam pemesanan yang mereka buat sendiri. HBS, RMS, dan KK ini merupakan pelaku jual beli fiktif dengan membuat toko palsu di aplikasi jual beli online. 

Mereka terkoordinir untuk memesan antar toko fiktif yang mereka buat sendiri termasuk mengirimkan uang kepada toko tersebut. Untuk meyakinkan pihak penyedia aplikasi jual beli tersebut, toko fiktif juga mengirimkan paket, namun paket tersebut kosong alias fiktif pula.

Hal tersebut dilakukan ketiga pelaku demi berburu cashback senilai Rp 100 hingga Rp 300 ribu yang bisa mereka dapatkan setiap kali transaksi.
Menurut AKBP Arman Asmara, Wadirsus Polda Jatim, transaksi jual beli fiktif inidigeluti pelaku selama 5 bulan. "Pelaku meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah setiap bulan dari transaksi fiktif  tersebut," kata AKBP Arman Asmara.

Ketiga pelaku berhasil dibekuk petugas, setelah mengetahui adanya grup Whatsapp yang mengkoordinir setiap transaksi fiktif yang mereka lakukan.
Ketiga pelaku dijerat pasal 35 juncto 51 Undang-Undang Republik Indonesia no. 19 tahun 2016 tentang informasi dan transaksi elektronik dengan ancaman hukuman paling lama 12 tahun penjara dan denda paling banyak Rp 12 milyar. (yos)



Berita Terkait


Demi Dapatkan Cashback, Remaja Surabaya Nekat Kirimkan Paket Fiktif

Polda Jatim Ringkus Komplotan Pelaku Order Fiktif Gofood


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber