Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Diduga Korupsi Percetakan, Mantan Bupati Trenggalek Diadili
Jum'at, 25-10-2019 | 14:39 wib
Oleh : Fakhrurrozi
Surabaya pojokpitu.com, Perkara dugaan korupsi percetakan PDAU Bangkit Grafika Sejahtera milik Pemerintah Kabupaten Trenggalek mulai disidangkan di pengadilan Tipikor Surabaya. Soeharto, mantan bupati Trenggalek periode 2005-2010 diadili atas dugaan korupsi yang merugikan keuangan negara lebih dari Rp 7,4 miliar ini.

Dalam dakwaannya, Jaksa Dody Novalita dari Kejari Trenggalek menyatakan terdakwa soeharto merupakan pihak yang paling bertanggungjawab dengan memberikan ijin atas penyelewengan penyertaan modal Pemkab Trenggalek terhadap Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) senilai Rp 10,8 miliar. 

Perkara ini berawal dari pemberitaan media, Surabaya Sore terkait persoalan di Trenggalek. Soeharto yang saat itu menjabat sebagai Bupati Trenggalek lalu menjalin kerjasama dengan Tatang Istiawan, Pimpinan Media Surabaya Sore dengan mendirikan perusahaan percetakan PT Bangkit Grafika Sejahtera. 

Penyertaan modal sebesar Rp 10,8 miliar digunakan untuk membeli mesin cetak. Namun kenyataannya, mesin cetak yang dibeli melalui pihak ketiga tersebut bukan barang baru, melainkan mesin bekas yang kondisinya rusak. Akibatnya, Negara mengalami kerugian lebih dari Rp 7,3 miliar.

Perbuatan Soeharto melanggar pasal 2 juncto pasal 3 undang-undang tindak pidana korupsi, juncto pasal 55 Kuhpidana. Atas dakwaan ini, terdakwa mengaku menerima dan tak mengajukan nota keberatan atau eksepsi. Meski begitu, Soeharto mengaku tak menerima sepeser pun uang dari uang 7,3 miliar rupiah tersebut. 

Lantaran terdakwa Soeharto tak mengajukan eksepsi atau nota keberatan, Majelis Hakim yang diketuai I Wayan Sosiawan ini menunda persidangan dan akan dilanjutkan minggu depan dengan agenda pembuktian dari jaksa penuntut umum. 

Berita Terkait


Diduga Korupsi Percetakan, Mantan Bupati Trenggalek Diadili

Mantan Bupati Trenggalek Ditetapkan Sebagai Tersangka Terkait Kasus Korupsi PDAU


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber