Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Teknologi 

Melalui alat ini, produk biogas bisa meningkat 10 persen dari sebelumnya sebagai bahan bakar fosil yang ramah lingkungan. Foto Mujianto Primadi
Siswa Madrasah Sidoarjo Ciptakan Alat Pengontrol Biogas
Kamis, 24-10-2019 | 03:11 wib
Oleh : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Empat siswa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo berhasil menciptakan alat pengontrol biogas pada kotoran hewan. Temuan alat pendeteksi gas pada kotoran hewan berhasil berprestasi internasional saat mengikuti lomba tentang inovasi teknologi di Malyasia.

Ke-4 siswa Adib Aulia Permana, Bagus Firnanda, Aridin Gustaf, Farid Ibrahim. Mereka semua kelas 12 IPA yang telah menorehkan prestasi internasional saat mengikuti lomba tentang inovasi teknologi.

Menurut Adib Aulia Permana salah satu siswa, prestasi yang diperoleh atas hasil karyanya menciptakan alat bernama Biogas Control And Monitoring System Organizer atau (Bromo). Melalui alat ini, kandungan biogas atas hasil fermentasi kotoran hewan bisa diketahui besarnya kandungan biogasnya melaui aplikasi Bromo di laptop ataupun di android.

Sehingga produk biogas yang dihasilkan bisa meningkat hingga 10 persen. Serta waktu fermentasi juga bisa lebih cepat karena perbandingan campuran air, bakteri, serta kotoran hewan yang dicampur akan terdeteksi dengan cepat jika ada bahan yang kurang.
 
Atas hasil karyanya itu, akhirnya mereka meraih juara satu diajang lomba tingkat Internasional, Dalam Ajang World Invention Competition And Exhibition (Wice) 2019 di Malaysia, pada awal Oktober lalu. Mereka telah menyisihkan 500 peserta yang berasal dari berbagai negara.

Atas hasil karya tersebut, Abdul Jalil, Kasek MAN Sidoarjotelah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup, serta akan mempatenkan hasil ciptaan siswanya. Agar tidak diplagiat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Melalui alat ini diharapkan produksi biogas sebagai energi alternatif bisa dinikmati oleh masyarakat secara maksimal. Sebagai bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan serta terbarukan. (pul)

Berita Terkait


Siswa Madrasah Sidoarjo Ciptakan Alat Pengontrol Biogas

Bertemu Perdana Menteri Belanda, Jokowi Bahas Kerjasama Dagang dan Pariwisata

Temuan Bom di Sungai Brantas Dievakuasi Tim Jihandak Brimob

Presiden Erdogan: Brother Widodo Mengingatkan Saya


Atasi Konflik Mahasiswa Papua dengan Warga Jawa Timur, Staf Khusus Presiden Adakan Pertemuan Khusus

Dirjen Otonomi Daerah Sedang Koordinasi Pertemuan Gubernur Bahas Papua

Ini Sosok Penting di Balik Pertemuan Jokowi dan Prabowo

Ali Wongso Apresiasi Pertemuan Jokowi dan Prabowo

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber