Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Rehat 

Konon di sejarah Islam akhir bulan sapar banyak terjadi bencana bala atau azab. Acara tersebut warga meminum air suci yang diambil dari 7 mata air. Foto Farid
Tradisi Rabu Bungkasan Cegah Turunnya Tolak Balak Berupa Bencana
Rabu, 23-10-2019 | 11:09 wib
Oleh : Farid Fahlevi
Probolinggo pojokpitu.com, Untuk menolak balak terjadinya berbagai bencana seperti kebakaran hutan disertai angin kencang hingga perpecahan bangsa, ratusan santri dan warga di Kota Probolinggo menggelar tradisi Pawai Obor Rabu Bungkasan.

Pesertanya ratusan santri Pondok Pesantren Nurul Islam Dan Warga Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo yang mengikuti pawai obor. Warga menyebut pawai obor tersebut Tradisi Rabu Bungkasan atau Malam Rabu di akhir bulan safar tahun baru Islam.

Meski terlihat tradisi sederhana, ratusan anak-anak dan warga terlihat khidmad mengikuti pawai. Bahkan tak ketinggalan para orang tua wali santri ikut pawai sambil membawa obor.

Di sepanjang perjalanan tak henti-hentinya warga mengumandangkan sholawat serta doa-doa. Dengan tujuan negeri ini dihindarkan dari segala macam bencana penyakit sertanya terjadinya perpecahan.

Arti dari tradisi rabu bungkasan, tradisi syukuran diakhir bulan sapar yang jatuh pada hari malam Rabu. Bungkasan sendiri berarti pamungkas.

Konon di sejarah Islam, pada bulan sapar merupakan bulan yang banyak diturunkan bala penyakit dan azab. Usai membaca doa, acara selanjutnya ritual mnum air suci yang diambil dari 7 mata air di Probolinggo. Warga dan santri langsung berebut air yang sudah diberi doa.

Menurut Ustad Mukhlas, Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Islam, tujuan digelarnya tradisi agar bangsa dijauhkan dari segala bencana alam. Usai acara, santri dan warga langsung menggelar makan bersama sebagai ungkapan rasa syukur. (pul)

Berita Terkait


Gelorakan Dolanan Tradisional di Tengah Serbuan Permainan Online

Tradisi Rabu Bungkasan Cegah Turunnya Tolak Balak Berupa Bencana

Pelestarian Permainan Tradisional Ditengah Gempuran Permainan Gadget

Pencak Silat Asli Bojonegoro yang Diiringi Musik Tradisional Jedoran


Asyiknya Siswa Saat Bermain Permainan Tradisional di Luar Kelas

Berharap Turun Hujan, Warga Pamekasan Lakukan Tradisi Okol

Bulan Maulud, Harga Sembako di Pasar Tradisional Stabil

Cocoghen, Tradisi Warga Madura Menyambut Tanggal 1 Bulan Maulid Nabi

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber