Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Kemarau Panjang, Kalimas Surut
Senin, 21-10-2019 | 17:57 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Musim kemarau yang panjang Sungai Kalimas yang membelah kota Surabaya pun surut. Akibatnya, wahana perahu wisata Kalimas di Taman Prestasi tak beroperasi sejak 10 hari terakhir, karena kandas. Hal ini dinyatakan BMKG Surabaya yang menyampaikan bahwa fenomena gerak semu matahari yang memposisikan wilayah Jawa Timur berada garis lurus dan tingginya suhu cuaca.

Akibat kemarau panjang, Sungai Kalimas kini tampak surut. Bahkan lumpur dasar sungai telah terlihat di sepanjang aliran sungai sejak 10 hari lalu. Seperti Sungai Kalimas di kawasan Jalan Achmad Jais yang menjadi lokasi favorit para pemancing. Kini tampak sepi.
 
Menurut warga, kondisi surut ini telah terjadi sejak sepekan lalu. Fenomena ini menjadi hal yang berbeda bagi masyarakat sekitar. Pasalnya, Sungai Kalimas ini tak pernah surut pada musim kemarau di tahun-tahun sebelumnya. Hal ini diperparah dengan tingginya suhu udara di Surabaya, beberapa hari terakhir.

Tak hanya warga sekitar, petugas wahana perahu wisata di Taman Prestasi Jalan Ketabang Kali Surabaya juga berpendapat sama. Sejak 10 hari terakhir, wahana wisata perahu ini tidak lagi beroperasi. 11 unit perahu wisata yang digunakan pengunjung untuk berwisata, kini kandas di dasar sungai. Ketinggian air di bagian tengah sungai. Hanya mencapai 50 sentimeter saja. Jika normal, ketinggian air di bagian tepi Sungai Kalimas mencapai ketinggian 120 centimeter .
 
Menanggapi fenomena ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Perak Surabaya menyatakan kemarau panjang terjadi sejak 5 bulan terakhir. "Diprediksi, musim penghujan akan jatuh di bulan November. Terkait suhu udara di Surabaya, mencapai kisaran antara 35 hingga 36 derajat celcius dan dipengaruhi gerak semu matahari, yang menempatkan Jawa Timur berada garis lurus," kata Ari Wijayanto, Kepala Kelompok Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Perak II Surabaya.

Dengan kondisi cuaca di beberapa wilayah di Jawa Timur ini, pihak BMKG Perak Surabaya menghimbau agar masyarakat tetap bijak menggunakan air agar tidak mengalami kekurangan air bersih.(end)

Berita Terkait


Kemarau Panjang, Kalimas Surut


Dua Pelaku Pembunuhan di Sungai Kalimas Tertangkap

Bermain di Sungai Kalimas, Pelajar SMP Tewas Tenggelam

Komunitas Peduli Lingkungan Gelar Upacara di Sungai Kalimas

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber