Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Penghulu Tak Akui Pernikahan Siri Karena Tak Tercatat di KUA
Senin, 21-10-2019 | 16:10 wib
Oleh : Achmad Syarwani
Nganjuk pojokpitu.com, Kasus seoarang penghulu di Nganjuk yang menikahkan seorang wanita bersuami dari nikah siri, karena penghulu tak mengakui sahnya nikah siri tersebut karena tidak tercatat di KUA. Pernikahan dengan pria lain tetap dilakukan, tanpa memediasi dahulu antara suami istri nikah siri tersebut.

Menurut Mashuri, Kepala KUA Kecamatan Bagor Nganjuk, yang juga sebagai penghulu, mengaku tetap menikahkan Lilik Imayati warga Desa Bagor Kulon Kecamatan Bagor Nganjuk dengan Jazuli karena status pernikahan Lilik sebelumnya degan Jarwono adalah pernikahan siri, yang dianggap oleh Mashuri tidak sah karena belum tercatat di buku nikah KUA.

"Karena dianggap pernikahan siri tidak sah itulah, saya berani menikahkan Lilik dengan pria lain tanpa terlebih dahulu mempertimbangkan norma positif agama yaitu pernihan secara agama tersebut," kata Mashuri.

Menurutnya, sesuai undang undang No 1 tahun 1974 tentang perkawinan, bahwa pasal satu, perkawinan dianggap sah bila dilakukan sesuai hukum agama dan hukum adat, dan pasal dua pernikahan itu harus di catatkan di kua atau negara.

Sementara Menurut Kepala Desa Bagor Purwanto, pihaknya membenarkan jika Lilik adalah warganya, dan meminta surat surat kelengkapan untuk menikah. Dan Lilik bisa menunjukkan bukti surat janda cerai yang asli dari suami sebelum Jarwono kepada kepala desa. 

Meski Kepala Desa mengakui mengetahui status pernikahannya Lilik dengan Jarwono secara siri, namun pihak kepala desa tidak melakukan mediasi terlebih dahulu dengan alasan bukan kewenangannya.

Sebelumnya,  Jarwono menggungat kepala KUA Bagor Nganjuk, karena telah menikahkan istrinya dengan pria lain, padahal lilik dengan Jarwono sudah nikah secara siri dan belum melakukan perceraian. (yos)

Berita Terkait


Penghulu Tak Akui Pernikahan Siri Karena Tak Tercatat di KUA

Awas! Siap-Siap Ya..Polisi Akan Jerat Tersangka Lain Kasus Nikahsirri.com

Korban Nikah Siri PNS, Wadul Sekda

Sunan Kalijaga Bingung Soal Kabar Regina-Krisna Sudah Nikah Siri


Nikah Siri, Pasutri Ini Nekat Jadi Bandar Sabu

Gogon Yakin Tukul-Megghi Diaztawa Sudah Nikah Siri

Alih-alih Mengajak Nikah Siri, Uang Rp. 900 Juta Digondol

Dikabarkan Nikah Siri dengan Tukul, Meggie Diaz Bilang Begini

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber