Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Beginilah video yang cukup ekstrim dan sangat berbahaya, detik - detik terjadinya badai di sekitar kebakaran hutan di jalan menuju pegunungan ijen kecamatan ijen kabupaten bondowoso. Badai tiba-tiba datang membawa serpihan debu berwarna cokelat.
Badai di Pegunungan Ijen, Kebakaran Hutan Tak Bisa Dijinakkan
Senin, 21-10-2019 | 16:02 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Cuaca buruk dan kebakaran hutan masih melanda sejumlah daerah di Jawa Timur. Di Kabupaten Bondowoso, badai terjadi di sekitar Pegunungan Ijen Kecamatan Ijen. Badai debu tersebut terekam saat tim reaksi cepat dalam perjalanan menuju ijen lokasi kebakaran.

Petugas BPBD yang sedang dalam perjalanan menuju wisata Ijen terpaksa keluar dari dalam mobil, untuk menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman. 

Sejumlah mobil di tinggal tengah jalan, lantaran khawatir badai tersebut berbahaya bagi keselamatan. Angin yang berhembus sangat kencang juga membuat sejumlah pohon di sepanjang jalan Ijen via Bondowoso tumbang menutupi badan jalan.

Setelah membersihkan pohon tumbang dengan gergaji, petugas kemudian melakukan pemadaman api kebakaran hutan yang mulai masuk wilayah Kabupaten Bondowoso. Dimana sebelumnya terjadi di Gunung Ranti Banyuwangi sekitar paltuding kawah ijen.

Hingga Senin (21/10) ini, petugas gabungan masih belum bisa menjinakkan api. Pasalnya badai kencang membuat api semakin besar dan merambat melalui pohon, dahan, hingga ilalang yang kondisinya sudah sangat kering.

Abjadi, Sekretaris BPBD Bondowoso, mengatakan, selain upaya pemadaman api, pihaknya juga telah berkordinasi dengan kabupaten tetangga Jember dan Banyuwangi. 

"Karena hingga saat ini ada dua titik kebakaran dalam jumlah besar, yakni di pegunungan ijen, serta pegunungan argopuro selatan Bondowoso," kata Abjadi.

Beredar di media sosial, video amatir kobaran api sangat besar berusaha dipadamkan tim TRC BPBD Bondowoso. Namun karena angin kencang, api malah merambat mendekati petugas. 

Demi keselamatan, akhirnya tim memilih untuk mundur mengantisipasi terjebak di tengah-tengah api. (yos)

Berita Terkait


Sebagian Api di Hutan Gunung Lawu Berhasil Dipadamkan

BNPB Turunkan 1 Helikopter Untuk Padamkan Karhutla Ijen

Hutan Jati Terbakar , Nyaris Sambar Bengkel dan Minimarket

Hutan Pinus di Lumajang Terbakar


Dua Titik Api Kebakaran Hutan Wlirang-Arjuna Padam

Tim Gabungan Pemadam Kebakaran Hutan Terkendala Medan

Kebakaran Hutan di Gunung Arjuno Terus Meluas, Bupati Pasuruan Harapkan Hujan Turun

Wagub Jatim Klaim Kebakaran Hutan di Jatim Tidak Parah

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber