Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Tak Terima Istrinya Menikah Dengan Pria Lain, Penghulu Dilaporkan
Minggu, 20-10-2019 | 20:13 wib
Oleh : Achmad Syarwani
Nganjuk pojokpitu.com, Tak terima istrinya dinikahkan lagi oleh sorang penghulu, suami di Nganjuk mendatangi salah satu pengacara. Guna meminta bantuan hukum dan melaporkan seorang oknum Kepala Kantor Urusan Agama yang diduga melakukan pelanggaran atas hukum agama.

Adalah Jarwono warga Kelurahan Kartoharjo Nganjuk, mendatangi kantor pengacara Wahyu Prio Djatmiko di jalan Ahmad Yani Nganjuk. Jarwono melaporkan atas kasus dugaan pelanggaran syariat Islam yang dilakukan oleh Mashuri seorang oknum PNS Kemenag Nganjuk yang menjabat sebagai Kepala KUA Bagor yang merangkap penghulu.

Persoalan bermula saat, Jarwono menikah secara siri dengan Lilik Imayati warga Desa Bagor Kulon Kecamatan Bagor Nganjuk pada November 2018 lalu. Hingga sekarang Jarwono mengaku belum melakukan perceraian.

"Bahkan kami sepakat akan melangsungkan pernikahan secara legal di KUA, dan sudah mengurus surat surat pernikahan di tingkat kelurahan dan desa," terang Jarwono.

Namun secara tiba tiba, Lilik ingin menikah lagi dengan pria lain. Jarwono sempat mengingatkan Lilik, dan memberitahukan statusnya yang masih menikah. Namun Lilik tetap melangsungkan pernikahan dengan pria lain secara resmi melalui penghulu di KUA pada 3 oktober 2019.

"Pihak kepala desa dan penghulu tetap menikahkan Lilik dengan pria lain, tanpa bertanya status perceraian dengan saya," kata Jarwono.

Tak terima dengan kasus ini, Jarwono melapor ke pihak polisi dengan didampingi pengacara. Agara pihak yang menikahkan Lilik mendapatkan sanksi seberat beratnya. Serta pihak Pengadilan Agama membatalkan pernikahan antara Lilik dengan Jazuli pria lain yang dimaksud.

Sementara menurut Wahyu Prio Djatmiko, kuasa hukum jarwono, pernikahan secara siri atau secara hukum agama adalah sah. "Atas kasus pernikahan itu, oknum penghulu dianggap melanggar undang undang No 1 tahun 1974, dan harus dikenai sangsi, Serta meminta Kemenag Ri untuk membatalkan status pernikahan Lilik dengan Jazuli," kata Wahyu. (pul)


Berita Terkait


Nikah Massal, Kakek 81 Tahun Nikahi Nenek 63 Tahun

Masih Banyak Warga Mengajukan Dispensasi Nikah Dini

Penghulu Tak Akui Pernikahan Siri Karena Tak Tercatat di KUA

Tak Terima Istrinya Menikah Dengan Pria Lain, Penghulu Dilaporkan


Tak Terima Istrinya Menikah Dengan Pria Lain, Penghulu Dilaporkan

Eksepsi Kasus Pemalsuan Akta Nikah Ditolak Hakim, Henry dan Istri Terdiam

Haru Saat Prosesi Akad Nikah Tersangka Kasus Narkoba

Setubuhi Adik Ipar, Pemuda Baru Menikah 4 Bulan Dipolisikan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber