Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Kendaraan Robot Penghalau Massa Milik Polrestabes Surabaya
Sabtu, 19-10-2019 | 07:20 wib
Oleh : Bagus Setiawan
Surabaya pojokpitu.com, Satsabhara Polrestabes Surabaya mendapat bantuan dari Mabes Polri berupa sarana kendaraan rantis penghalau massa yang didatangkan dari Eropa. Kendaraan yang memiliki kelebihan untuk pengamanan objek vital ini, akan dioperasikan pada 20 Oktober besok, pada saat rencana aksi unjuk rasa mahasiswa di Surabaya.

Di Indonesia, kendaraan canggih ini baru ada 5 polda yang memiliki, yaitu Polda Metro Jaya, Polda Jawa Tengah (Solo) , Polda Papua (Timika), Polda Sumatera Utara (Medan) dan Polda Jawa Timur (Surabaya). 

Kendaraan rantis ini memiliki beberapa keunggulan dalam hal fasilitas ataupun untuk pengamanan aksi unjuk rasa. Yaitu dilengkapi dengan pengeras suara, GPS, kamera CCTV hingga tameng atau pelindung baja yang berfungsi melindungi anggota dari serbuan atau lemparan yang dilakukan masa aksi. 

Dengan memiliki tameng berbobot 6 ton, layaknya robot tamengnya bisa bergerak menyempit dan melebar hingga 8 meter sesuai dengan kebutuhan pengamanan.

Kompol Oki Ahadian Purwomo, Kasat Sabhara Polrestabes Surabaya, mengatakan, kendaraan rantis ini berfungsi untuk memghalau massa dalam pengamanan objek vital. "Intinya, untuk melindungi anggota dari lemparan benda keras," ujarnya.

Kendaraan berbahan bakar solar ini akan di uji-cobakan dalam pengamanan pada hari Minggu besok atau 20 Oktober, saat bertepatan dengan pelantikan Presiden dan wakil presiden baru. Rencananya pada hari itu, akan ada aksi unjuk mahasiswa. (yos) 

Berita Terkait


Kendaraan Robot Penghalau Massa Milik Polrestabes Surabaya


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber