Berita Terbaru :
RDP Soal Program BPNT Memanas
Pemkab Bojonegoro Siapkan 1.000 Tangki Air Bersih Atasi Dampak Kekeringan
Harga Hewan Kurban Naik Jelang Idul Adha
Ratusan Warga Gelar Aksi Protes Pembangunan Double Track Tanpa Underpass
Akhirnya Bapak-Anak Kompak Tinggal di Penjara Karena Maling HP
Wisata Tematik Beiji Park Gelar Simulasi New Normal
   

E-Litigasi, Program Terbaru Pangkas Waktu Menunggu di Pengadilan
Teknologi  Jum'at, 18-10-2019 | 10:02 wib
Reporter : Moch Sahid
Dra Susanti Arsy W, SH, MH Ketua PN Kabupaten Bangkalan
Bangkalan pojokpitu.com, Untuk memangkas waktu menunggu dan mewujudkan kemudahan dan berusaha dan beracara di pengadilan, Pengadilan Negeri Kabupaten Bangkalan menggelar sosialisasi Perma No 01 tahun 2019 tentang administrasi perkara persidangan di pengadilan secara elektronik

Menurut Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Bangkalan Susanti Arsy, lahirnya Perma No 01 tahun 2019 merupakan wujud nyata Mahkamah Agung melangkah ke era sistem peradilan secara elektronik. Merupakan responsif terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat dalam mewujudkan keterbukaan dan akuntabilitas lembaga publik kepada masyarakat.

E-litigasi atau persidangan secara elektronik merupakan peningkatan aplikasi e-court yang telah dilakukan lembaga peradilan sebelumnya. Dimana e-court sebelumnya hanya memfasilitasi kemudahan dalam pendaftaran gugatan melalui e-filling. Pemanggilan melalui e-summons, dan pembayaran panjar perkara melalui e-payment.

"Dengan e-litigasi diharapkan dapat mewujudkan sistem peradilan yang sederhana, cepat dan murah, menjadi solusi kendala geografis yang dibatasi jarak. Sehingga pencari keadilan tidak perlu lagi repot-repot datang ke pengadilan," Susanti Arsy.

F-litigasi adalah persidangan secara elektronik, jawab menjawab secara elektronik bahkan pemeriksaan bukti-bukti juga dilakukan secara elektronik. Serta di persidangan berikutnya dapat membawa bukti-bukti asli. "Kesimpulannya adalah, memangkas waktu menunggu di pengadilan, yang akan diterapkan di semua pengadilan di bawah Mahkamah Agung. Sehingga dengan sistem ini kita sudah memodernisasi peradilan," kata Susanti Arsy

Dengan aplikasi e-litigasi proses peradilan dapat dilakukan secara elektronik mulai dari pendaftaran gugatan melalui e-court. Para pihak dapat melakukan jawab-menjawab bahkan pembuktian dan putusan pengadilan dapat dilakukan secara elektronik. "E-litigasi akan diterapkan secara serentak di seluruh pengadilan di Indonesia mulai tahun 2020. sehingga semua perkara gugatan terhitung tahun 2020 akan didaftarkan melalui e-court," terang Susanti Ersy.

Sementara itu Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron mengatakan sosialisasi dilakukan oleh Pengadilan Negeri Kabupaten Bangkalan tentang Perma No o1 tahun 2019. Tentang tata cara peradilan secara online sehingga lebih mudah dan efisien. "Kami berharap para peserta dapat mengikuti sosialisasi dengan baik dan sampai selesai, sehingga mengetahui dan memahami tata cara peradilan secara online yang disampaikan oleh nara sumber," kata R Abdul Latif Amin Imron.

Berita Terkait

E-Litigasi, Program Terbaru Pangkas Waktu Menunggu di Pengadilan
Berita Terpopuler
Wisata Tematik Beiji Park Gelar Simulasi New Normal
Mlaku - Mlaku  5 jam

Akhirnya Bapak-Anak Kompak Tinggal di Penjara Karena Maling HP
Peristiwa  4 jam

Harga Hewan Kurban Naik Jelang Idul Adha
Ekonomi Dan Bisnis  3 jam



Cuplikan Berita
Tiga Pedagang Reaktif, Pasar Kunir Ditutup
Pojok Pitu

Tolak Tracing, Warga Usir Petugas Medis Covid-19
Pojok Pitu

Budidaya Bonsai Kelapa Mulai Digemari di Mojokerto
Jatim Awan

Evakuasi Jasad Pendaki Lawu, Lewat Jawa Tengah
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber