Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Sekitar 90 Pedagang Bawang Merah Tertipu Miliaran Rupiah
Kamis, 17-10-2019 | 18:25 wib
Oleh : Achmad Syarwani
Nganjuk pojokpitu.com, Puluhan pedagang bawang merah di Nganjuk menjadi korban penipuan penjualan bawang merah. Pelaku menipu korban dengan modus membawa barang terlebih dahulu dan dijanjikan dibayar saat sudah laku. Namun hingga empat bulan pelaku tak kunjng membayar, dan kerugian para pedagang sekitar Rp 3 miliar.

Sekitar 90 orang pedagang Pasar Bawang Merah Sukomoro, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, tertipu oleh pedagang antara kota. 

Kasus penipuan itu bermula dari perkenalan sesama pedagang saat berjualan di pasar, tanpa ada bukti apapun karena saling percaya. Dagangan pedagang bawang merah di Pasar Sukomoro dibawa oleh Lamidi warga Ngawi Jawa Timur, untuk dikirim ke Jakarta.

Slamet salah seorang pedagang bawang merah, mengaku tertipu sebesar Rp 400 juta rupiah. Awalnya pembayaran dagangan yang dibawa Ali berjalan lancar, sudah 4 bulan ini mereka bekerja sama dengan Ali. 

"Setiap hari Ali mengambil bawang merah hingga puluhan karung sak berisi bawang merah, tetapi sudah 4 hari ini pelaku tidak datang ke pasar sukomoro, terakir hari Sabtu lalu. Saat ditagih Ali bilang akan dibayar hari Senin, tetapi hari senin ai tidak datang ke pasar hingga hari ini," kata Slamet. 

Slamet juga berupaya menghubungi via ponselnya, tetapi beberapa hari ini ponselnya tidak aktif. Bahkan WA nya pun juga sudah tidak aktif lagi, saat ini bukti yang ada di pedagang copy an surat nikah dan kartu keluarga Lamidi.

Sementara perwakilan pedagang Pasar Sukomoro, Totok Peter, mengatakan, pihaknya akan mengumpulkan pedagang pasar untuk mencari solusi atas tertipunya puluhan pedagang bawang merah.

"Saya juga akan mendatangkan petugas pasar dan juga dinas terkait, karena apabila pedagang tidak segera mendapatkan solusi maka di kwatirkan pasar bawang merah akan lumpuh," kata Totok.

Informasi yang berhasil dihimpun, pelaku mengirim bawang merah yang di pinjam ke pedagang pasar ke Jakarta dengan modus membawa barang terlebih dahulu, hari berikutnya saat datang ke pasar baru dibayar.

saat ini kasus ini masih ditangani polsek sukomoro, guna penyelidikan lebih lanjut. (yos)

Berita Terkait


Sekitar 90 Pedagang Bawang Merah Tertipu Miliaran Rupiah


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber