Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Pengalihan jalur berlangsung aman, sehingga jalur ganda kereta api Geneng -Babadan siap beroperasi. Foto M,Ramzi
Switch Over Aman, Jalur Ganda KA Siap Beroperasi di Magetan
Kamis, 17-10-2019 | 01:28 wib
Oleh : M,Ramzi
Magetan pojokpitu.com, Pasca melakukan uji coba jalur ganda, Daop 7 Madiun bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Satuan Kerja Wilayah Jawa Bagian Timur, melakukan pengalihan jalur segmen Stasiun Geneng sampai dengan Babadan.

Switch over atau pengalihan jalur kereta api baru, Segmen Stasiun Geneng sampai dengan Babadan dilakukan pada Rabu (16/10) pagi. Kereta Api Sancaka Jurusan Yogyakarta-Surabaya,  melewati jalur di stasiun barat Kabupaten Magetan, dengan kecepatan 60 kilometer perjam.

Swith over dilakukan sebagai tindak lanjut pasca uji coba beban yang dilakukan oleh Daop 7 Madiun, bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian, DJKA.  Melalui satuan kerja Jawa Timur paket Jalur Ganda Madiun Kedungbanteng, atau JGMK.

Proses pengalihan jalur kereta api lama ke jalur baru ini, membutuhkan persiapan yang cukup detil.  Tim Daop 7 Madiun dan Satker melakukan chek list pra pelaksanaan pengalihan.  Seperti standar operasional prosedur, dalam kondisi normal maupun darurat, material batu kerikil, bantalan beton kayu, dan lainnya.

Kasi Prasarana Balai Teknik Direktorat Jenderal Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur, Prayitno mengatakan, pengalihan jalur kereta api yang dilakukan berlangsung aman sesuai rencana. "Sehingga jalur ganda kereta api Madiun Kedungbanteng, Segmen Babadan, Madiun, Barat, dan Geneng, bisa beroperasi," kata Prayitno.

Dengan pengoperasian jalur ganda ini, diharapkan bisa meningkatkan pelayanan perkeretaapian. Karena kecepatan bisa 100 kilometer perjam. Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat, untuk lebih berhati-hati saat melewati perlintasan kereta api, utamanya yang tanpa palang pintu. (pul)

Berita Terkait


Uji Jalur Ganda Pastikan Beroperasi Ahir Bulan Ini

Switch Over Aman, Jalur Ganda KA Siap Beroperasi di Magetan

Jalur Ganda Kereta Api Siap Dioperasikan

Dua Perlintasan KA Jadi Sorotan Ditlantas Polda Jatim


Jalur Ganda KAI Masih Terkendala

Pekerjaan Jalur Ganda Jembatan Sungai Brantas, Sejumlah KA Bakal Alami Keterlambatan

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber