Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Tanah Berasap Ternyata Akibat Aliran Listrik
Selasa, 15-10-2019 | 13:00 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Fenomena tanah berasap yang terjadi di Dusun Ngemplak Desa Ngudirejo Kecamatan Diwek Jombang, langsung di tindak lanjuti. Petugas kepolisian sektor Diwek bersama tim teknis Perusahaan Listrik Negara (PLN) memeriksa fenonema tanah yang mengeluarkan asap tersebut.

Hasilnya petugas memastikan tanah berasap dan hawa panas ini bukan fenomena alam, namun karena ada kabel listrik yang bermasalah. Sehingga mengakibatkan asal dan bau menyengat di sekitar lokasi.

Suyanto, Teknisi PLN Jombang, mengatakan, munculnya asap dan hawa panas dari tanah tersebut akibat adanya aliran listrik dari tiang LPJU. Tiang dari besi ini memang tepat di sebelah tanah yang mengeluarkan asap.

"Kabel lampu penerangan jalan ilegal mengenai tiang besi, sampai ke bawah sehingga ngeground. Akibatnya  keluar asap dan hawa panas di sekitar lokasi," ujar Suyanto.

Ditambahkan Suyanto,  setelah dilakukan pemeriksaan  terdapat kabel LPJU yang terkelupas, kabel tersebut menempel pada tiang lampu berbahan besi.

"Akibatnya arus listrik dari kabel  mengalir ke tanah sehingga menimbulkan asap dan suhu panas. Petugas kemudian  memutus aliran listrik ke LPJU tersebut," imbuhnya.
 
Seperti diberikan fenomena ini sempat membuat warga heboh. Mereka khawatir bau menyengat dan hama panas ini akan membahayakan lingkungannya, sehingga mereka mengadukan ke pemerintah. (yos/vd:yan)

Berita Terkait


Tanah Berasap Ternyata Akibat Aliran Listrik

Warga Geger Tanah Pekarangan Keluarkan Asap


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber