Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Pengamat politik Uinsa, Abdul Halim
Penyerangan Wiranto Simbol Kebangkitan Kelompok Radikal
Sabtu, 12-10-2019 | 20:11 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Penyerangan kepada Menko Polhukam Wiranto, mendapat sorotan dari pengamat politik di Surabaya. Penyerangan tersebut, merupakan simbol kebangkitan atau perlawanan kelompok radikal terhadap pemerintah.

Pengamat politik Uinsa, Abdul Halim menyatakan, aksi penyerangan terhadap Menko Polhukam Wiranto di Pandeglang Banten juga ingin menunjukan pada dunia bahwa mereka masih eksis. Serta menyampaikan titik kelemahan Pemerintah Indonesia.

"Pesan politik yang ingin berusaha disampaikan atau dibangun oleh pelaku, yakni mengajak kepada jaringan yang memiliki ideologi serupa, untuk bergerak bersama, menumbangkan pemerintah yang sah," kata Abdul Halim.

Terlebih lagi di momen jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Indonesia 20 Oktober 2019 nanti.

"Ini strategis, untuk menyampaikan pesan pesan  kepada dunia, bahwa negara kita dianggap lemah, buktinya Menkopolhukam aja bisa diserang. Biar dianggap kelompok ini tetap eksis, menunjukkan jati diri mereka. Secara tidak langsung mengajak jaringan mereka untuk bergerak dalam rangka mendeligitimasi pemerintahan yang sah dan gerakan mereka eksis di semua level," tambah Abdul Halim

Pengamat politik yang juga merupakan dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Uinsa juga memaparkan, di tingkat institusi pendidikan sendiri sangat rawan disusupi gerakan radikal yang berbasis agama. Pelaku mulai menanggalkan ciri khas yang serba tertutup, sehingga nampak seperti masyarakat pada umumnya.

Untuk menghindari hal tersebut, pihak kampus rutin melakukan pemeriksaan paham-paham radikal kepada mahasiswa maupun tenaga pendidiknya. Hasilnya, dalam dua tahun terakhir, Uinsa telah menonaktifkan 3 tenaga pendidik yang terdeteksi masuk dalam gerakan radikal. (pul)

Berita Terkait


Penyerangan Wiranto Simbol Kebangkitan Kelompok Radikal

Begini Cerita Mira tentang Sosok Abu Lara si Penusuk Wiranto

Polisi Sebut Pelaku Penyerangan Wiranto Terpapar ISIS

Salah Satu Pelaku Penyerangan Wiranto Seorang Perempuan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber