Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Ganggu Aktivitas Penagkapan Ikan, Keramba Benur Diprotes Sejumlah Nelayan
Jum'at, 11-10-2019 | 17:25 wib
Oleh : Agung Prawoto
Pacitan pojokpitu.com, Perburuan baby lobster di Pacitan dinilai masih marak, ativitas memburu bibit benur dengan menggunakan keramba atau pelak diprotes sejumlah nelayan. Mereka terancam tak bisa bekerja, lantaran jaring ikan terhalang keramba benur.

Pro kontra ekslpoitasi baby lobster di Pacitan tak kunjung usai. Meski larangan tegas sudah diterbitkan melalui peraturan menteri kelautan dan perikanan nomor 56 tahun 2016, namun masih ada sejumlah nelayan di pacitan nekat memburu benur.

Perburuan benur dengan memasang pelak atau keramba di laut pun di protes oleh sebagian nelayan pencari ikan. Darno, salah satu nelayan asal Desa Ngadirojo Pacitan, mengungkapkan kekecewanya kepada aparat dan pemerintah pada rapat sinkronisasi peraturan perundang undangan tentang perikanan, di UPT Pelabuhan Tamperan.

"Kita memprotes adanya keramba benur yang tersebar di lautan, lantaran sangat mengganggu aktivitas penangkapan ikan para nelayan. Mereka kesulitan menebar jaring, lantaran spot buruan ikan, dipenuhi oleh keramba benur," ucap Darno.

Sementara itu, Ketua Hipunan Nelayan Pacitan , Damhudi, mengatakan, aparat keamanan musti melakukan penegakan hukum tegas atas masih maraknya eksploitasi baby lobster.

"Kita berharap para nelayan kecil yang melakukan perburuan lobster, diberikan tindakan preventif. kita meminta para pengepul baby lobster diganjar hukuman pidana," ucap Damanhudi.

Sementara itu, Kapolres Pacitan AKBP Sugandi mengatakan, penegakan hukum kepada nelayan kecil, akan dilakukan secara preventif.

"Sementara, tindakan tegas bakal di berikan kepada para pengepul benur, yang menjadi penadah buruan hewan dilindungi tersebut," kata AKBP Sugandi.

Sesuai peraturan menteri kelaiutan dan perikanan nomor 56 tahun 2016, lobster yang boleh ditangkap hanya yang memiliki ukuran panjang karapas diatas 8 cenitmeter dan tidak dalam kondisi bertelur. (yos)





Berita Terkait


Ganggu Aktivitas Penagkapan Ikan, Keramba Benur Diprotes Sejumlah Nelayan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber