Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Foto korban tewas akibat tertimpa pohon Kamis (10/10) dok pojokpitu.com
Pakar Lingkungan ITS Minta Pemerintah Lebih Peduli Kondisi Pohon
Jum'at, 11-10-2019 | 10:32 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Menanggapi pohon tumbang yang menyebabkan kematian pengendara motor di Jalan Ahmad Yani, Kamis (10/10) siang, Amien Widodo, Pakar Lingkungan Dan Kebumian Institut Tekhnologi 10 Nopember Surabaya atau ITS, menyarankan agar pemerintah Kota Surabaya untuk lebih mengawasi kondisi pohon di sepanjang jalan utama dan publik area.

Amien Widodo mengatakan, kasus tumbangnya pohon yang menewaskan warga akibat faktor alam maupun kelalaian jangan sampai kembali terulang. 

"Peristiwa tersebut bukanlah yang pertama kali. Selama ini, tewasnya pengemudi akibat tertimpa pohon masih dianggap bencana," Amin Widodo.

Menurut Amien, seluruh pohon di taman, fasilitas umum, dan sepanjang jalan utama merupakan pohon yang sengaja ditanam. Maka, posisi pohon yang berdekatan dengan aktivitas manusia harus diberlakukan seperti bangunan.

Dengan kata lain, pohon yang sengaja ditaman harus memiliki standar operasional prosedur peremajaan, pemeriksaan dan monitoring berkala. Hal itu berbeda dengan perlakuan pohon di hutan atau gunung yang jauh dari aktivitas manusia.

Beberapa kasus pohon tumbang disebabkan karena pohon lapuk karena usia, keropos di bagian tengah, dimakan rayap, batang pohon mengering, yang rawan roboh walau tanpa angin. Selanjutnya, kanopi pohon yang lebar, penanaman menggunakan stek, kondisi tanah yang lunak, dangkalnya air tanah dan asin, serta air tanah yang lunak. "Kondisi air tanah yang dangkal membuat akar tidak tumbuh ke bawah tapi ke samping. Selanjutnya, upaya bekam agar pohon berdiameter kurang dari 25 sentimeter kalau sekiranya kondisi pohon sudah rawan roboh dan membahayakan masyarakat di sekitarnya, maka segera ditebang dan diganti yang baru," tambah Amien Widodo.

Selain itu, diharapkan masyarakat ikut serta menjaga pohon-pohon di fasilitas umum dan sekitar bangunan. (pul)

Berita Terkait


Dua Pohon Trembesi Tumbang, Jalur Pantura Macet 4 Km

Akibat Angin Kencang, Pohon Besar Roboh Bikin Macet

Perantingan Pohon Pangkas Meja Untuk Antisipasi Pohon Tumbang

Pohon Tumbang dan Tanah Longsor Menimpa Ponorogo


Waspada Pohon Tumbang Sepanjang Jalur Jatim-Jateng

Akibat Cuaca Ekstrem, Jalan Tergenang Air dan Pohon Tumbang

Pencarian Korban di Coban Cinde, Tim Sar Fokus di Balik Pohon Tumbang

Terkena Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Puskesmas
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber