Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Tempo Doeloe 

Rumah kolonial itu berdiri tidak jauh dari obyek wisata kawah ijen. Pengunjung biasanya singgah ke lokasi itu sebelum memulai pendakian. Foto Rizqi Setiawan
Catimor Homestay, Bangunan Kuno Peninggaalan Kilonial di Kaki Gunung Ijen
Kamis, 10-10-2019 | 21:06 wib
Oleh : Rizqi Setiawan
Bondowoso pojokpitu.com, Bangunan arsitektur kuno bersejarah berupa di rumah peninggalan kolonial berada di kaki Gunung Ijen, Bondowoso. Konstruksi bangunan berdiri kokoh sejak 1894, disertai ragam interior dan ornamen khas eropa.

Rumah itu berada di kawasan Kebun Blawan, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso. Berada tak jauh dari pusat desa, berdiri sebuah rumah berukuran besar dengan arsitektur khas bergaya kolonial.

Kesan eksotis bangunan semakin terasa saat masuk ke dalamnya. Ornamen berupa deretan foto jaman dulu berada di dinding bangunan. Begitu menguatkan nilai sejarah di tempat tersebut. Tak hanya itu, ragam interior mulai lampu kuno, lantai kayu, hingga dinding yang terbuat dari anyaman bambu, juga membawa nostalgia pengunjung ke era kolonial.

Joko Pramono, Pengelola Homestay mengatakan, sesuai literatur kebun blawan, rumah itu awalnya difungsikan sebagai kantor perkebunan pada zaman penjajahan Belanda. Namun seiring berjalannya waktu, bangunan disulap sebagai homestay. "Bangunan itu selalu penuh didatangi pengunjung terutama saat akhir pekan," kata Joko.

Lebih istimewa adanya mata air di bagian belakang. Tak hanya menambah pesona, sumber air panas itu juga kerap dimanfaatkan pengunjung untuk sekedar menghangatkan kulit di tengah hawa dingin pegunungan. (pul)

Berita Terkait


Catimor Homestay, Bangunan Kuno Peninggaalan Kilonial di Kaki Gunung Ijen

Menengok Sejarah, Warga Minta Bangunan Kuno Dipertahankan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber