Berita Terbaru :
Pemkab Ancam Tutup Lagi Lokasi Wisata Yang Tidak Paruh Protokol Kesehatan
   

Air Telaga Mengering, Warga Berburu Ikan Air Tawar
Mataraman  Kamis, 10-10-2019 | 05:15 wib
Reporter : Edwin Adji
Pacitan pojokpitu.com, Akibat musim kemarau panjang, sejumlah sumber mata air banyak yang mulai menyusut. Bahkan air Telaga Guyang Warak di Kecamatan Punung Pacitan yang biasa digunakan sebagai irigasi pertanian dan tempat pemancingan pun tak luput dari kekeringan. Air telaga yang mengalami penyusutan dengan cepat itu pun dimanfaatkan warga untuk berburu ikan.

Telaga Guyang Warak yang ada di Dusun Ngaritan, Desa Kendal, Kecamatan Pringkuku Pacitan, memasuki puncak musim kemarau. Debit air yang ada di telaga tersebut mengalami penyusutan dengan cepat. Telaga yang biasanya digunakan sebagai irigasi pertanian dan tempat pemancingan itu sekarang nyaris kering kerontang.

Penyusutan air telaga tersebut dimanfaatkan warga sekitar untuk berburu ikan air tawar. Setiap hari warga sekitar mencari berbagai jenis ikan, mulai dari ikan nila, ikan gabus, hingga udang. Demikian dikatakan Heru Ari Wibowo, salah satu warga.

"Kondisi air Telaga Guyang Warak ini telah mengering sekitar dua bulan terakhir. Selain digunakan sebagai irigasi pertanian, sebelumnya Telaga Guyang Warak  ini juga dimanfaatkan warga untuk mencuci. Namun kini kondisinya tidak lagi, lantaran air yang tersisa di telaga tersebut sudah bercampur dengan lumpur," tutur Johan Apriyanto, warga setempat.

Kemarau panjang yang terjadi kali ini dinilai lebih parah dibandingkan tahun lalu. Namun warga merasa beruntung lantaran tak lagi mengandalkan air telaga ini  untuk keperluan sehari-hari. Meski demikian, penyusutan air telaga akibat kemarau panjang kali ini, berdampak terhadap mecetnya irigasi pertanian di wilayah tersebut.(end)

Berita Terkait

Air Telaga Mengering, Warga Berburu Ikan Air Tawar

Lebih Dari Satu Juta Liter Air Bersih Dikirim Untuk Warga Terdampak

Ratusan Warga Tempuran Nganjuk Kekurangan Air Bersih

Bencana Kekeringan Tiga Desa di Wilayah Kecamatan Ngoro Mojokerto
Berita Terpopuler
Pemkab Ancam Tutup Lagi Lokasi Wisata Yang Tidak Paruh Protokol Kesehatan
Mlaku - Mlaku  25 menit



Cuplikan Berita
Mobil Rombongan Gubernur Jawa Timur Kecelakaan di Tol Mojokerto-Kertososno
Pojok Pitu

Dendam Lama, Karyawan Pabrik Kayu Bacok Teman Kerja Pakai Samurai
Pojok Pitu

Dari 51 Peserta UTBK Reaktif, 38 Orang Ternyata Negatif Covid 19
Jatim Awan

Orkemiban, Minuman Tinggi Anti Oksidan Berbahan Daun Kelor
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber