Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Jaksa Kembalikan Berkas Kasus Rasisme ke Polisi
Rabu, 09-10-2019 | 17:24 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur akhirnya mengembalikan berkas pemeriksaan tersangka kasus rasisme Papua di Jalan Kalasan, kepada polisi. Sesuai penilaian jaksa, beberapa hal dalam berkas tersebut harus dilengkapi, seperti peran tersangka dalam kejadian di Asrama Mahasiswa Papua Jalan Kalasan, beberapa waktu lalu.

Empat Surat Perintah Dimulainya Penyelidikan (SPDP) terhadap kasus rasisme di Asrama Mahasiswa Papua Kalasan Surabaya, telah diterima oleh Kejaksaan Tinggi Jawa Timur. Empat SPDP ini yaitu untuk tersangka berinisial TS, SA, tersangka youtuber AD, dan terakhir Veronica Koman alias VK, yang kini masih buron.
 
Dari keempat berkas tersebut, jaksa telah menerima dua berkas atas nama tersangka, TS, dan SA. Namun setelah diperiksa jaksa, kedua berkas yang diterima dari Polda Jatim, dinyatakan belum lengkap dan terpaksa dikembalikan.
 
Hal ini diungkapkan oleh Asisten Pidana Umum, Kejaksaan Tinggi Jawa Timur, Asep Maryono. Kekurangan dalam berkas tersebut meliputi peran kedua tersangka saat peristiwa terjadi. "Polisi harus memperdalam peran kedua tersangka, agar pasal yang akan digunakan untuk penuntutan tidak mengalami kesalahan. Terlebih dalam satu peristiwa yang sama, terdapat dugaan pidana yang berbeda," tutur Asep Maryono, Aspidum Kejati Jawa Timur.
 
Pengembalian berkas pemeriksaan telah dilakukan pada 30 September lalu, dengan batas dua minggu. Dengan waktu itu, penyidik kepolisian memiliki  waktu hingga sepekan ke depan untuk melengkapi berkas. Namun hal itu ada kemungkinan butuh waktu lebih lama, jika saksi yang diperiksa belum bisa memberi keterangan.(end)
 


Berita Terkait


Jaksa Kembalikan Berkas Kasus Rasisme ke Polisi


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber