Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Hukum 

Penyidik KPK Novel Baswedan Jadi Saksi Sidang e-KTP
Rabu, 09-10-2019 | 16:50 wib
Oleh : Iman Pujiono
Jakarta pojokpitu.com, Penyidik KPK Novel Baswedan, mengungkapkan ada oknum anggota DPR RI yang mengintimidasi anggota DPR RI saat Miryam S Haryani diminta keterangannya, menjadi saksi oleh penyidik KPK terkait korupsi e-KTP.

Ungkapan Novel tersebut dilontarkan saat menjadi saksi untuk terdakwa Markusnari dalam persidangan korupsi e-KTP di Pengadilan Tipikor, Rabu siang.

Sidang lanjutan perkara tindak pidana korupsi proyek e-KTP dengan terdakwa mantan anggota DPR RI Markusnari kembali digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu siang.

Sidang yang dipimpin majelis hakim Franky Tambun, dengan agenda keterangan saksi ini, jaksa KPK menghadirkan kordinator penyidikan Novel Baswedan, Wawan Yunarwanto, dan mantan anggota DPR RI Miryam S Haryani.

Novel Baswedan mengungkapkan, dalam penyelidikan dan penyidikan kasus korupsi e-KTP itu sering mendapat hambatan, di antaranya saksi yang diintimidasi pihak lain agar tidak memberikan keterangan yang sebenarnya.

Menurutnya, saat Miryam S Haryani dimintai keterangan sebagai saksi oleh penyidik, Miryam mengaku ada sekitar enam koleganya di DPR yang mengintimidasinya. Namun siapa saja anggota DPR tersebut, Novel enggan menyebutkannya.

Sementara Miryam sendiri membantah ada intimidasi dari rekan - rekan di DPR, tetapi sebaliknya penyidik Novel sendiri yang mengintimidasi dirinya.

Sebelumnya, Markusnari didakwa oleh jaksa KPK menerima suap Rp 4 milyar dalam dugaan korupsi KTP elektronik. Selain itu, Markus juga didakwa merintangi penyidikan dan penyelidikan.

Dalam perkara ini, Markus dijerat dengan pasal 3 Undang Undang nomor 20 tahun 2001, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, junto pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. Pasal 21 tentang menghalangi penyidikan, sebagaimana diatur pada undang undang nomor 20 tahun 2001, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.(end)

Berita Terkait


Penyidik KPK Novel Baswedan Jadi Saksi Sidang e-KTP

Tim Amnesti Internasional Batu Suarakan Kasus Novel Baswedan

Tim Gabungan Kasus Novel Baswedan Sudah Bergerak ke Malang

700 Hari Kasus Novel Belum Ada Titik Terang, Polisi Dituding Lamban


Jokowi Serahkan Soal Kasus Novel Tanya ke Kapolri

Peluncuran Buku 512 Hari Pasca Teror Novel Baswesan

Polda Respons Rencana Komnas HAM terkait Novel Baswedan

Novel Laut Bercerita Ungkap Tragedi 1998

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber