Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Kesenian Tradisional Tabuh Lesung Dimainkan Oleh Para Janda
Selasa, 08-10-2019 | 00:30 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Sejumlah daerah di Indonesia memiliki kesenian tradisional yang unik, seperti di Bojonegoro, Jawa Timur, disini terdapat kesenian musik tradisional tabuh lesung, alat musik yang digunakan adalah tempat untuk menumbuk padi yang terbuat dari kayu jati.

Uniknya, musik tradisional yang dimanikan secara berkelompok ini mayoritas pemainya seorang janda.

Sejumlah perempuan yang tinggal di sekitar bantaran sungai bengawan solo, tepatnya di Kelurahan Jetak Kecamatan Kota Bojonegoro, memainkan musik tradisional tabuh lesung.

Dinamakan kesenian musik tradisional tabuh lesung, karena alat yang digunakan bernama lesung atau tempat untuk menubuk padi. Lesung ini terbuat dari kayu jati yang diperkirakan berusia ratusan tahun.

Walaupun hanya mamukul kayu seperti menumbuk padi, namun dibutuhkan kemampuan dan kekompakan para pemain agar bisa menghasilkan nada yang diinginkan. Menurut warga setempat, musik lesung sudah ada sejak puluhan tahun silam.

Oky, Pegiat Kesenian, mengatakan, yang unik dari kelompok kesenian ini para pemainya banyak yang berstatus janda, memainkan musik lesung sebagai tempat untuk menghibur diri sekaligus berkumpul bersama.

Dimainkanya kesenian tabuh lesung ini juga dilakukan dalam rangka menjaga kelestarian budaya nenek moyang, agar tidak punah ditelan zaman. (yos)

Berita Terkait


Kesenian Tradisional Tabuh Lesung Dimainkan Oleh Para Janda


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber