Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Grebek Berkah Sumur Pitu, 17 Gunungan Dikirab
Senin, 07-10-2019 | 23:05 wib
Oleh : Avrizal Ilmi
Bojonegoro pojokpitu.com, Masyarakat Desa Bakalan, Kecamatan Kapas Kabupaten Bojonegoro, menggelar tradisi budaya grebek berkah sumur pitu, dalam rangka sedekah bumi.

Kegiatan budaya tersebut dengan tujuan agar masyarakat mengerti jika sumur pitu yang ada tidak hanya keberadaan sumurnya saja. Akan tetapi juga airnya untuk digunakan dalam kegiatan pertanian maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, grebek berkah sumur pitu ini sebagai wujud rasa syukur karena dalam kondisi musim kemarau beberapa sumur masih mengeluarkan sumber air untuk kebutuhan sehari-hari.

Ritual grebek berkah sumur pitu ini ditandai dengan kepala desa mencampur air dari tujuh sumur yang berada di desa setempat. Kemudian, air sumur dituangkan ke dalam tujuh belas kendi.

Listiono, Kepala Desa Bakalan, mengatakan, ritual budaya ini sebagai wujud rasa syukur kepada tuhan yang maha esa. Karena, dalam kondisi musim kemarau ini, sumber air dibeberapa sumur tidak mengalami kekeringan, sehingga dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, kegiatan budaya ini dilakukan agar masyarakat sadar dan mengerti bahwa sumur pitu yang ada. Tidak hanya dilihat keberadaan sumurnya saja, tetapi juga airnya yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Grebek berkah sumur pitu ini juga untuk mewujudkan masyarakat guyub rukun, membangun menuju desa bakalan bersahaja. Usai ritual grebek berkah sumur pitu, kegiatan dilanjutkan dengan kirab 17 gunungan hasil bumi untuk diarak keliling desa. (yos)



Berita Terkait


Grebek Berkah Sumur Pitu, 17 Gunungan Dikirab

Kuda dan Tawon Raksasa Meriahkan Sedekah Bumi di Kampung Made Sambikerep

Meriah, Karnaval Bersih Desa Kelurahan Cemoro Kandang

Menjelang Musim Berbuah Petani Gelar Bersih Desa


Warga Desa di Bojonegoro Gelar Tradisi Manganan Bersih Desa

Bersih Desa Tampilkan Budaya Lokal Kediri

Pawai Karnaval Bersih Desa Menjadi Ajang Hiburan Bagi Masyarakat

Ratusan Warga Beji Berebut Tumpeng Bersih Desa

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber