Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Peneliti Arkkeolog Nasional Temukan Fragmen Tulang Hewan Purba
Senin, 07-10-2019 | 15:36 wib
Oleh : Heru Kuswanto
Ponorogo pojokpitu.com, Lima tim peniliti arkeolog dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional yang ada di Jakarta, kembali melakukan penelitian di Goa Lowo, yang ada di Kecamatan Sampung, Ponorogo.

Dalam penelitian ini, tim arkeolog juga melibatkan sejumlah warga sekitar untuk membantu melakukan penggalian dikawasan goa lowo, yang menjadi salah satu pusat peradaban manusia purba sapungian sekitar 3 ribu sampai 4 ribu tahun silam. Bahkan lokasi ini sudah diteliti sejak penjajahan belanda. Salah satunya oleh arkeologis dr. Van Stein Callenfels tahun 1928-1931.
 
Jatmiko, peneliti arkeolog nasional, mengatakan, penggalian pelan-pelan atau eskavasi untuk kembali mengetahui hunian tertua manusia purba. Termasuk  jejak apa dan manusia pendukungnya.

"Namun, tim arkeolog nasional masih menemukan puluhan fragmen tulang tulang binatang yang diduga menjadi konsumsi manusia purba. Mulai dari tanduk rusa, gigi hewan buas, serta tulang tulang babi hutan yang sudah membatu," ucap Jatmiko.
 
Seperti diketahui, tim arkeolog nasional sudah menemukan sedikitnya 9 individu manusia purba yang diperkirakan berusia lebih dari 3 ribu tahun silam.

Sementara penggalian saat ini untuk kembali mencari jejak jejak manusia purba yang diduga masih terpendam di lokasi ini. (yos)

Berita Terkait


Peneliti Arkkeolog Nasional Temukan Fragmen Tulang Hewan Purba


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber