Berita Terbaru :
Total 1.300 Calon Jamaah Haji Asal Tuban Gagal Berangkat
Miliki Bondet, Seorang Pria Lumajang Ditangkap Polisi
Mimos, Robot Tanaman Canggih Ala Jepang Karya Siswa SMK
Di Tengah Pendemi Covid 19, Warga Turi Bersyukur Terima Sertifikat Gratis
Terlanjur Beli Oleh Oleh, CJH Ini Mengaku Kecewa
Bejat, Begini Wajah Napi Asimilasi Yang Cabuli Anak Calon Istri
   

Perajin Pot Bunga Dari Daur Ulang Kain Bekas
Metropolis  Minggu, 06-10-2019 | 02:15 wib
Reporter : Mujianto Primadi
Sidoarjo pojokpitu.com, Prihatin dengan menumpuknya kain bekas yang tidak terpakai di bank sampah, seorang warga sidoarjo berhasil menyulapnya menjadi pot bunga yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Menjadi anggota bank sampah di kampungnya, membuat Sentot, pria 48 tahun warga Desa Sepande RT 11 RW 03 Kecamatan Candi, harus berjibaku dengan barang bekas kiriman dari tetangga untuk dijual kembali..

Melihat hal tersebut lantas menjadikan ide kreatif bapak dua anak ini untuk memanfaatkan sampah berupa kain untuk dijadikan barang yang berguna dan mempunyai nilai ekonomis. Setelah mengumpulkan ide kreatifnya, lantas dirinya mencoba membuat pot bunga dari bahan kain bekas.
 
Berbekal bahan baku semen, pasir dan kain bekas atau gombal, sentot berhasil menciptakan pot bunga berbagai ukuran dengan bahan baku kain. Kain bekas tersebut dipotong sesuai ukuran pot yang akan dibuat, lantas kain tersebut dicelupkan ke dalam adonan semen dan pasir.
 
Setelah itu kain yang sudah bercampur adonan semen tersebut ditaruh di atas tatakan kayu dengan posisi terbalik. Untuk membuatnya kokoh, kain diikat dengan kawat bendrat sambil sedikit merapikan lipatan kain agar terlihat artistik. Untuk mempercantik pot sekaligus untuk menutupi kawat, lantas diberikan hiasan di sisinya berbentuk bunga atau daun waru.
 
Setelah selesai, pot setengah jadi dikeringkan selama sehari agar semennya mengeras. Setelah kering pot dicat dengan menggunakan cat minyak sesuai selera.

Dalam sehari dirinya bisa membuat 15 hingga 20 pot bunga, pot-pot tersebut dijual seharga Rp 15 ribu untuk yang kecil hingga Rp 50 ribu untuk ukuran besar.

Untuk bahan bakunya sentot tidak merasa kesulitan, namun pada masalah penjualan dirinya merasa kasulitan karena konsumen masih banyak yang meragukan produk pot buatannya.
 
Meski merasa kesulitan dalam penjualannya pada lingkup Sidoarjo sendiri, pot daur ulang tersebut ternyata cukup diminati oleh warga kabupaten lain seperti Probolinggo, Lamongan, Pasuruan bahkan Kota Surabaya.

Dirinya menawarkan pot bunga kreasinya dengan memanfaatkan media social dan komunitas bank sampah yang ada dikampungnya. (yos)

Berita Terkait

Perajin Pot Bunga Dari Daur Ulang Kain Bekas
Berita Terpopuler
Bejat, Begini Wajah Napi Asimilasi Yang Cabuli Anak Calon Istri
Peristiwa  6 jam

Terlanjur Beli Oleh Oleh, CJH Ini Mengaku Kecewa
Peristiwa  5 jam

Mimos, Robot Tanaman Canggih Ala Jepang Karya Siswa SMK
Teknologi  3 jam

Di Tengah Pendemi Covid 19, Warga Turi Bersyukur Terima Sertifikat Gratis
Peristiwa  4 jam



Cuplikan Berita
Dua Balita Warga Ngagel Reaktif Positif Covid 19
Pojok Pitu

Satu Keluarga Tersapu Ombak, Satu Orang Tewas, Satu Lagi Hilang
Pojok Pitu

Ini Syarat Kuota Khusus Untuk Putra-Putri Tenaga Kesehatan Covid 19
Jatim Awan

Klaster Gowa Menambah Jumlah Kasus Positif Covid-19 di Bondowoso
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber