Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Icip - Icip 

Berkah Berkebun, Pemintaan Mangga Super Alami Peningkatan
Sabtu, 05-10-2019 | 01:15 wib
Oleh : Andi Nurcholis
Situbondo pojokpitu.com, Berkebun pohon mangga selama 20 tahun ditekuni oleh seorang pria paruh baya asal Desa Siliwung Kecamatan Panji Situbondo. Bahkan di musim panen raya tiba, buah mangga situbondo yang memiliki rasa manis berbeda dari kota lain ini kian di banjir permintaan konsumen. Mangga berkualitas Super Great A oleh petani di panen langsung dari atas pohonnya.

Adalah Haji Fathul Latif petani 58 tahun yang sekaligus pedagang spesialis buah mangga super berkualitas Great A. Pria paruh baya asal Dusun Blibis Desa Siliwung Kecamatan Panji ini, menekuni bisnis mangga sejak 20 tahun silam.

Di kebun selus 400 meter persegi ini, oleh Haji Latif ditanamani sebanyak 41 pohon mangga berkualitas super. Di lahan tersebut tertanam mangga jenis gadung, arum manis dan manalagi.

Pohon mangga milik Haji Latif ini telah tersertifikasi internasional Lobal Agricultural Practice (GAP). Sertifikasi dan standarisasi diterima oleh Asosiasi Mangga Situbondo (AMS) pada 17 Agustus 2016 dan diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Soekarwo.

Haji Latif mengatakan, setiap hari memanen buah mangga di lahan miliknya sendiri. Namun, dalam satu pohon ia tak seluruhnya memanen buah mangga tersebut.

"Dalam satu pohon ini, mangga berkuatis Super Great A hanya diperoleh 5 sampai 10 buah saja. saya mengetahui buah mangga super dilihat dari warga dan menghitung hari sejak pohon tersebut berbunga," ujarnya.

Diana, salah satu pembeli mengatakan, buah mangga situbondo , sangatlha memiliki rasa istimewa. "Cita rasa manis legit, mangga situbondo meiliki rassa yang beda dari mangga dari beberapa kota lainnya," tuturnya.

Tak hanya melayani kondumen mebeli di rumahnya, mangga miliknya juga di jual dibeberapa daerah seperti Bali, Semarang, Jogja, Bandung dan Jakarta.

Untuk harga mangga gadung berkualitas Super Great A, dihargai Rp 25 ribu perkilogramnya. Sementara mangga manalagi dijual dengan harga mencapai Rp 35 ribu perkilogramnya. (yos)

Berita Terkait


Berkah Berkebun, Pemintaan Mangga Super Alami Peningkatan


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber