Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Krisis Air Bersih, Warga Gunakan Air Sungai
Jum'at, 04-10-2019 | 12:22 wib
Oleh : Agus Bondan
Tulungagung pojokpitu.com, Alami krisis air bersih akibat kemarau panjang, belasan kepala keluarga di Tulungagung, gunakan air sungai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sejak sekitar 2 minggu terakhir, sekitar 17 kepala keluarga di Desa Winong, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung, memanfaatkan aliran sungai aren untuk mendapatkan air. Selain digunakan untuk keperluan mandi dan mencuci, warga juga menggunakannya untuk kebutuhan minum dan memasak.

Warga terpaksa mencari air di sungai karena dalam dua pekan terakhir suplai air pipanisasi mengecil dan seringkali tidak mengalir, sehingga tidak mencukupi untuk kebutuhan air mereka sehari-hari.
Selain memanfaatkan air sungai, sebagian warga juga terpaksa membeli air bersih, seharga Rp 15 ribu per drum berisi 150 liter air.

Sejak mengalami krisis air bersih ini, Sukiman, warga, mengaku, belum pernah mendapatkan bantuan air dari pemerintah. "Warga disini berharap, bantuan air bersih yang selama ini disalurkan ke dusun-dusun tetangga juga menjangkau lingkungan tempat tinggal kita," ujar Sukiman.

Demi mendapatkan air di sungai ini, beberapa warga harus menempuh jarak lebih dari satu kilometer. Dengan menggunakan wadah jerigen, dalam sehari warga harus bolak balik mengambil air, untuk ditampung sebagai persediaan di rumah.

Selama memanfaatkan air sungai aren, warga mengaku belum ada diantara mereka yang mengeluh terserang penyakit diare maupun penyakit lainnya. (yos)

Berita Terkait


Kemarau Berkelanjutan, Sumber PDAM di Pacitan Mengering

Warga Kabupaten Jember Kesulitan Air Bersih

Petani Memecah Batu di Sawah yang Masih Kering

Meski Turun Hujan Masih Ada 23 Titik Kekeringan di Jember


Ratusan Hektar Sawah Kekeringan, Petani Mengadu ke DPRD

Kekeringan Berkepanjangan, Ribuan Santri Gelar Sholat Minta Hujan

220 Hektar Lahan Padi Petani Gagal Panen Karena Kekeringan

Kekeringan, Yonarmed 12 Kirim Air Bersih

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber