Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Harga yang ditawarkan sesuai dengan kuwalitas batik gentongan yang ditawarkan ke konsumen. Foto Moch Sahid
Inilah Alasan Batik Gentongan Mahal Harganya
Rabu, 02-10-2019 | 14:14 wib
Oleh : Moch Sahid
Bangkalan pojokpitu.com, Harga yang ditawarkan untuk sepotong kain batik gentongan memang cukup mahal. Namun tidak mengurangi minat pencinta batik untuk memburunya.

Menurut Supiatun Amin , Pemilik Galery Tresna Art, batik merupakan salah satu budaya warisan leluhur yang sudah diakui dunia. Berdasarkan jenisnya, ada batik tulis, batik cap dan batik printing. khusus di Bangkalan dikenal batik gentongan yang sangat diminati para pencinta batik meskipun harga yang ditawarkan cukup mahal. Harga itu disesuaikan dengan kualitas dan motif dari batik gentongan.

"Kami dari tresna art, dalam rangka memperingati hari batik atau khusus hari ini, memberikan diskon sebesar 10% bagi para pembeli yang memakai baju batik," kata Supiatun Amin.

Aturan ini disambut antusias para pembeli yang kebetulan berkunjung untuk membeli batik. Di tempat itu, pengunjung juga dapat mencicipi nasi tumpeng warna-warni yang pewarnanya menggunakan bahan alami. Tumpang itu disediakan pemilik galery sebagai syukuran untuk peringatan hari batik.

Supiatun Amin pemilik galery batik tresna art mengatakan, batik gentongan merupakan khas dimiliki Bangkalan. Disebut batik gentongan karena proses pewarnaannya direndam terlebih dahulu di sebuah gentong (tempat menampung air dari tanah liat dalam waktu beberapa lama selama 6 bulan. Maka tidak heran kalau harganya cukup mahal.

Selain proses perendamannya yang cukup lama, motif dan hasil akhir proses perendaman juga menentukan semakin tinggi harga dari batik gentongan. Semakin bagus motif dan hasil akhir perendamannya, dipastikan harga batik gentongan semakin tinggi. "Kuwalitas batik gentongan yang kami hasilkan dipastikan tidak akan mengecewakan para pembeli," kata Supiatun Amin. (PUL)

Berita Terkait


Kenalkan Budaya Pada Siswa Taiwan Melalui Wayang dan Batik

Warga Binaan Ternyata Trampil Membatik, Ini Buktinya

Pasar Batik Tulis Tradisional Terbesar di Indonesia Ada di Pamekasan

Cerita Batik Dalam Pameran Batik Kesayangan


Batik Glow In The Dark Mampu Menembus Pasar Eropa

Cantiknya Busana Batik Motif Buah Pace Khas Pacitan

Ketua Panitia Lomba Mbatik 2018 Diperiksa Polisi Malang

Serunya Para Wanita Ikuti Tutorial Berkain Batik

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber