Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Dengan filosofi sejarah daerah setempat. Para perajin yang mengerjakan seluruhnya merupakan para pemuda setempat. Foto Wildan
Kenalkan Budaya Melalui Karya Batik Tulis Tematik
Rabu, 02-10-2019 | 13:13 wib
Oleh : Wildan Lipu Prasasti
Sumenep pojokpitu.com, Upaya memperkenalkan budaya dan sejarah dikalangan para pemuda, perajin batik di Pandian, Sumenep, mengkreasikan batik tulis tematik.

Tidak hanya menyuguhkan kain yang bergambar saja, para pemuda yang tergabung dalam, labatik.id, di Desa Pandian Sumenep, kreasikan batik tulis yang memiliki makna filososi sejarah setiap daerah. Salah satunya batik dengan motif labeng agung, yang bercerita mengenai labeng mesem, dan Masjid Agung Kabupaten Sumenep.

Menurut Ahmad Fauzi perajin batik, Kreasi karya batik tulis tematik memiliki  kepuasan tersendiri bagi  konsumen. Sebab bisa menambah  hubungan emosional yang kuat dengan apa yang dipakai. Mulai destinasi budaya dan sejarah. "Sebab nilai-nilai sejarah di kalangan masyarakat sudah mulai terkikis, maka perlu dikreasikanlah batik tematik untuk perkenalkan budaya dan sejarah agar selalu melekat," kata Ahmad Fauzi.

Setiap hasil karya yang dihasilkan juga dipromosikan melalui media sosial. Unggahan disertai keterangan filosofi batik, juga menguploud  video dan gambar, dari proses awal sampai akhir pengerjaan batik. Tujuannya memberikan efek kepuasan kepada konsumen, dan dapat menghargai batik dengan layak sesuai proses pembuatannya. "Sampai saat ini pasaran sudah nasional serta permintaan setiap harinya bertambah," tambah Ahmad Fauzi.

di hari batik nasional ini,  Ahmad Fauzi berharap kalangan pemuda lebih menghargai karya batik tematik. Untuk  mengetahui budaya dan sejarah daerah setempat, serta batik selalu lestari dari generasi ke generasi. (pul)

Berita Terkait


Kenalkan Budaya Pada Siswa Taiwan Melalui Wayang dan Batik

Warga Binaan Ternyata Trampil Membatik, Ini Buktinya

Pasar Batik Tulis Tradisional Terbesar di Indonesia Ada di Pamekasan

Cerita Batik Dalam Pameran Batik Kesayangan


Batik Glow In The Dark Mampu Menembus Pasar Eropa

Cantiknya Busana Batik Motif Buah Pace Khas Pacitan

Ketua Panitia Lomba Mbatik 2018 Diperiksa Polisi Malang

Serunya Para Wanita Ikuti Tutorial Berkain Batik

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber