Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Politik 

Pembagian 12 kursi pimpinan komisi dan 4 pimpinan badan sudah hampir tuntas, meskipunterdapat 4 partai yang ditinggal. Pembagian kue kekuasaan di DPRD Surabaya ini tidak menerapkan sistem proporsional. Foto: Dewi Imroatin
Pembagian Pimpinan AKD Hampir Tuntas, 4 Partai Terpaksa Ditinggal
Senin, 30-09-2019 | 17:18 wib
Oleh : Dewi Imroatin
Surabaya pojokpitu.com, Skema pimpinan AKD (alat kelengkapan dewan) di DPRD Surabaya, sudah hampir tuntas. Bahkan untuk pembagian anggota di masing-masing komisi dan badan besok (1/10) akan diumumkan dalam rapat paripurna.

Dari 12 kursi pimpinan komisi dan 4 badan, ternyata terdapat 4 partai yang ditinggal yakni Demokrat, Nasdem, PAN dan PKS. Dengan pembagian, PDIP sebagai partai pemenang mendapatkan 4 kursi pimpinan komisi, Golkar mendapatkan 3 kursi pimpinan komisi, Fraksi Gerindra 2 pimpinan komisi, PKB 2 pimpinan komisi dan 1 pimpinan badan, PKS 1 pimpinan komisi dan PSI 1 pimpinan badan.

Akmad Suyanto, Ketua Fraksi PKS DPRD Surabaya menyampaikan, pihaknya ingin membangun sinergi dengan seluruh partai, pihaknya mendapatkan tawaran wakil ketua komisi C. "Tapi ini masih komunikasi dengan partai golkar yang juga mengiginkan wakil ketua komisi C, untuk itu loby masih terus dilakukan," kata Akhmad Suyanto.

Sementara itu, Hamka Ketua Fraksi PAN mengatakan, posisi pimpinan yang ditawarkan pada fraksi PAN-P3 adalah ketua BK. "Jika memilih posisi itu, maka PAN-P3 tidak bisa menempatkan anggotanya di BPP (badan pembuat perda), padahal BPP tempat memperjuangkan aspirasi konstituen lewat peraturan," ujar Hamka.

Hamka menyesalkan proses pembagian pimpinan tidak berlangsung transparan. Bahkan hingga detik ini, loby yang dibangun dalam pembagian pimpinan AKD hanya setengah kamar, tidak difloorkan dalam rapat resmi. (pul)

Berita Terkait


Pembagian Pimpinan AKD Hampir Tuntas, 4 Partai Terpaksa Ditinggal


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber