Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Kandungan Gas Metan Semburan Lumpur Kutisari Meningkat
Jum'at, 27-09-2019 | 16:23 wib
Oleh : Ainul Khilmiah
Surabaya pojokpitu.com, Meski sudah 5 hari, lumpur bercampur minyak mentah masih terus menyembur di halaman rumah warga di Kutisari Indah Utara Surabaya. Meski minyak mentah yang keluar kini lebih cair, namun volume semburan masih besar dan disertai dengan meningkatnya kandungan gas metan di dalamnya.

Semburan lumpur bercampur minyak mentah yang muncul dari salah satu halaman rumah warga di Kutisarai Indah Utara III Surabaya hingga kini masih keluar. Volume semburan lumpur tersebut masih besar.

Sebelumnya, lumpur bercampur minyak mentah yang keluar ditempatkan di dalam karung untuk dibuang. Namun kini,  semburan yang keluar teksturnya lebih cair, sehingga ditempatkan dalam drum-drum yang telah disiapkan.

Hingga Jumat siang (27,9) pukul 11.00 Wib, sudah ada 16 drum lumpur cair bercampur minyak mentah yang dikumpulkan. Kamis kemarin (26/9) 24 drum juga telah dipindahkan ke tempat pengolahan limbah.

Dari hasil pengecekan Tim Perusahaan Gas Negara (PGN), terjadi peningkatan kandungan gas metan. Kadar gas metan tersebut masih di angka 80 persen atau sebesar 20 ribu ppm, sehingga berbahaya saat tersulut api. "Angka tersebut sudah melebihi ambang batas keamanan, yakni dibawah 100 ppm," kata Arihan Rohandi, Operator Leak Survey PGN.

Rambu larangan merokok masih terpasang, agar menghindari kemungkinan tersulutnya api. Meski begitu, kejadian tersebut justru dimanfaatkan oleh siswa-siswi SDN Kutisari sebagai lahan untuk belajar dengan melihat secara langsung ke lokasi kejadian. Demi kemananan, pelajar hanya bisa melihat dari luar pagar.(yan)

Berita Terkait


2 Hari Dikebut, Pemasangan Separator Kutisari Tuntas

Solusi Semburan Kutisari Akan Dibuatkan Separator

Kandungan Gas Metan Semburan Lumpur Kutisari Meningkat

Air Berlumpur Dari Pengeboran Minyak Masuk Sawah Resahkan Warga


12 Tahun Semburan Lumpur, Jaya Laksana Tak Masalah Teori Bernoulli Digunakan PPLS

Ada Semburan Lumpur di Lumajang, Malah Jadi Tontonan Warga

Semburan Lumpur Rusak Sawah Sekitar

Pastikan Semburan Lumpur Bojonegoro Akan Berhenti

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber