Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Air Berlumpur Dari Pengeboran Minyak Masuk Sawah Resahkan Warga
Kamis, 26-09-2019 | 13:08 wib
Oleh : Khusni Mubarok
Tuban pojokpitu.com, Warga Desa Jegulo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, tiga hari terakhir ini resah dengan adanya air panas berlumpur keluar dari waduk penampungan air milik PT. Pertamina Hulu Energi Tuban East Java. Air itu sengaja dikeluarkan dari waduk, untuk mengurangi volume air yang tertampung dalam waduk penampungan, agar tanggul waduk tidak jebol.

Derasnya air yang keluar melalui parit dan masuk di area persawahan, membuat warga resah sehingga mendatangi lokasi pengeboran minyak itu. Air panas bercampur lumpur itu, dikhawatirkan warga dapat merusak kesuburan tanah, karena sebelumnya tidak ada sosialisasi.

Puluhan warga yang resah, kemudian mendatangi balai desa setempat, untuk mempertanyakan aliran air berlumpur itu. Suprat, warga yang belum mendapatkan sosialisasi, meminta agar air panas berlumpur itu segera ditutup supaya tidak meresahkan warga. Namun apabila tidak dapat di tutup, maka pengeboran harus dihentikan.

Dihadapan puluhan warga yang mendatangibalai desa, Daniel Soerbekti, Humas PT Pertamina Hulu Energi Tuban East Java, menjelaskan, bahwa air berlumpur tersebut tidak berbahaya. "Air tersebut sengaja dikeluarkan dari waduk penampungan, untuk mengurangi volume air yang tertampung, agar tanggul waduk tidak jebol," ujarnya.

Freshwater itu awalnya ditampung ke waduk, namun karena pertimbangan keselamatan, air tersebut disedot keluarkan dengan menggunakan pompa.

Sebelumnya, pihak perusahaan mengaku juga telah berkoordinasi dengan warga sekitar waduk. Pihak pertamina berjanji untuk menutup aliran air tersebut. (yos)

Berita Terkait


2 Hari Dikebut, Pemasangan Separator Kutisari Tuntas

Solusi Semburan Kutisari Akan Dibuatkan Separator

Kandungan Gas Metan Semburan Lumpur Kutisari Meningkat

Air Berlumpur Dari Pengeboran Minyak Masuk Sawah Resahkan Warga


12 Tahun Semburan Lumpur, Jaya Laksana Tak Masalah Teori Bernoulli Digunakan PPLS

Ada Semburan Lumpur di Lumajang, Malah Jadi Tontonan Warga

Semburan Lumpur Rusak Sawah Sekitar

Pastikan Semburan Lumpur Bojonegoro Akan Berhenti

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber