Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Demo Mahasiswa Tuntut Stop Maraknya Alih Fungsi Lahan Pertanian
Selasa, 24-09-2019 | 17:21 wib
Oleh : Syaiful Anwar dan Wilda Lipu Prasasti
Sumenep pojokpitu.com, Di Hari Tani Nasional yang jatuh pada 24 September 2019, puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Brigade Rakyat dan Pemuda Nusantara berunjuk rasa ke kantor DPRD Sumenep, Madura, Jawa Timur. Mereka menuntut para wakil rakyat agar mendesak pemerintah setempat untuk melakukan pencegahan terhadap maraknya alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan oleh pengembang yang mencapai 5 persen per tahun, sebab akan mengancam ketahanan pangan.

Puluhan mahasiswa mendatangi gedung perwakilan rakyat di Jalan Trunojoyo Kecamatan Kota Sumenep. Sambil membentangkan poster kecaman, mahasiswa juga berorasi mendesak para wakil rakyat agar mendesak pemerintah pencegahan melakukan pencegahan alih fungsi lahan pertanian menjadi perumahan.

Hal tersebut dapat mengakibatkan lahan pertanian di Sumenep mengalami penyusutan. "Bila terus dibiarkan dan tidak dilakukan pencegahan dengan regulasi yang tegas, akan mengancam ketahanan pangan khususnya bagi masyarakat Sumenep ke depannya," ujar Baihaki, korlap aksi.

Mahasiswa juga melakukan aksi teaterikal sambi membawa hasil pertanian seperti terong, kacang panjang dan pohon tembakau. Mereka juga menyerahkan hasil pertanian itu kepada Ketua DPRD Sumenep, sebagai bentuk simbol perjuangan nasib petani.

Sementara, Ketua DPRD Sumenep, Abdul Hamid Alimunir, yang menemui pengunjuk rasa mengapresiasi tuntutan mahasiswa. Pihaknya berjanji segera berkordinasi dengan pihak Pemkab setempat untuk meninjau kembali rencana tata ruang wilayah di Kabupaten Sumenep.

Setelah mendapat tanggapan dari Ketua DPRD Sumenep, mahasiswa lalu membubarkan diri dengan tertib. Namun, mereka akan kembali turun jalan bila tuntutannya nantinya tidak kunjung ditindaklanjuti.(end)

Berita Terkait


Marak Calo SIM, Mahasiswa Demo Polres Tuban

Dinilai Melecehkan PMII, Ratusan Mahasiswa Demo Dosen

Mahsiswa PMII Bojonegoro Demo di Depan Kantor Pemkab, Tuntut Uang yang Didepositkan

Diduga Kebobrokan Lini Sistem Kampus, Mahasiswa STKIP PGRI Demo


Polda Jatim Apresiasi Demo Mahasiswa Surabaya dan Tetap Siagakan Personil

Demo Mahasiswa Sidoarjo Trobos Kawat Berduri

Demo Mahasiswa Tuntut Stop Maraknya Alih Fungsi Lahan Pertanian

Pelantikan Anggota DPRD Kota Pasuruan Diwarnai Aksi Demo Mahasiswa dan Warga

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber