Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Metropolis 

Enam Pelaku Curanmor Antar Kota Dibekuk Polda Jatim
Selasa, 24-09-2019 | 16:55 wib
Oleh : Yusmana Windarto
Surabaya pojokpitu.com, Subdit Tiga Jatanras Polda Jatim berhasil membongkar 6 pelaku pencurian, penggelapan, pemalsuan dan penadah kendaraan bermotor, yang merupakan jaringan antar kota. Mereka ditangkap di Lumajang, Pasuruan, dan Bali. Dalam penangkapan itu, polisi mengamankan belasan unit mobil dan dokumen kendaraan.

Enam pelaku pencurian, penggelapan, pemalsuan, dan penadah kendaraan bermotor yang merupakan jaringan antar kota, dibekuk oleh Subdit Tiga Jatantas Polda Jatim. Para pelaku yang memiliki peran masing-masing ini, ditangkap di 3 kota berbeda.

Keenam pelaku ini ditangkap di 3 kota yaitu Lumajang, Pasuruan, dan Bali. Empat pelaku berasal dari Lumajang diantaranya, Slamet (40), Husna (33), Muntai (40), Muzayyin (58), Nizar (43) asal Bangil, Pasuruan dan Zulkifli (32) warga Tabanan, Bali.

Polisi berhasil mengamankan 11 unit mobil dari hasil pencurian, penggelapan, ditadah, dan selanjutnya diubah atau dipalsukan dokumennya. Polisi juga menyita belasan surat tanda nomor kendaraan yang dipalsukan, peralatan yang digunakan untuk pemalsuan.

Dari hasil penyidikan, keenam pelaku ini menggunakan modus usaha pegadaian, menyewa mobil, hingga melakukan pencurian. "Seluruh dokumen kendaraan dari hasil kejahatan ini, dipalsukan oleh para pelaku dengan peralatan khusus," ujar Dirreskrimum Polda Jatim, Kombespol Gideon Arif Setyawan.

Akibat perbuatannya, keenam pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian Dengan Pemberatan dengan ancaman hukuman maskimal 7 tahun penjara. Para pelaku yang berperan sebagai pemalsu dokumen, dijerat Pasal 263 KUHP tentang Pemalsuan, diancam 6 tahun penjara. Sedangkan pelaku penggelapan dijerat Pasal 372 KUHP tentang Penggelapan. Pelaku penadah dijerat Pasal 480 KUHP, yang masing-masing diancam 4 tahun penjara.(end)

Berita Terkait


Dua Jaringan Anggota Pencurian Motor Antar Kota Dibekuk Kepolisian Taman

Curanmor Ngaku Karyawan Finance Tipu Warga Malang

Dua Maling Motor di Masjid Ditangkap

Empat Kawanan Pelaku Curanmor Asal Grati Pasuruan Ditembak Kedua Kakinya


Melawan Saat Hendak Ditangkap, Pelaku Curanmor Ditembus Timah Panas

Tak Kapok, Residivis Curanmor Surabaya Kembali Beraksi

Berulang Kali Beraksi, Pelaku Curanmor Lintas Wilayah Dibekuk di Surabaya

Curanmor di Depan Pos Lantas Terminal Bus Lamongan Berhasil Ditangkap

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber