Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

Gunung Semeru Kembali Terbakar, Petugas Masih Berupaya Memadamkan Api
Senin, 23-09-2019 | 12:24 wib
Oleh : Achmad Arif
Lumajang pojokpitu.com, Gunung Semeru di Lumajang kembali terbakar, kini ada tiga titik api yang masih membakar area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Selain melakukan upaya pemadaman, petugas mengevakuasi pendaki yang masih berada di Gunung Semeru.

Seperti empat video amatir yang direkam sejumlah pendaki saat api membakar tiga titik di kawasan Gunung Semeru, yakni di pos empat Ranu Kumbolo, Ayek-Ayek, Watu Pecah.

Banyaknya tanaman kering akibat musim kemarau membuat api dengan mudahnya menyebar. Bahkan, petugas kesulitan melakukan pemadaman api karena lokasinya cukup jauh dari Pos Perijinan Ranupani.

Api pertama kali muncul kembali pada Minggu sore kemarin. Sejumlah pendaki yang berada di pos empat atau di sekitar Ranu Kumbolo terlihat panik. Sebab angin kencang dan banyaknya tanaman kering membuat si jago merah semakin menjadi-jadi.

Wawan Hadi Siswoyo, Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, mengatakan, tim gabungan dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, bersama BPBD, relawan, dan warga masih berupaya melakukan pemadaman dengan alat seadanya.

"Sejumlah pendaki langsung di evakuasi turun dari gunung semeru, tidak hanya itu, tim lain juga melakukan pemantauan ke sejumlah titik yang berpotensi terjadi kebakaran," kata Wawan Hadi Siswoyo.

Sebelumnya, titik kebakaran di Gunung Semeru terletak di area Sumbermani, Arcopodo, dan kelik sempat terjadi kebakaran dengan luasan area mencapai 6 hektar, meski akhirnya pada 19 Agustus lalu api berhasil di padamkan. (yos/vd:yan)

Berita Terkait


Gunung Semeru Masih Terbakar

Akibat Kebakaran, Hewan Turun Gunung Semeru

Kebakaran Hutan Penanjakan Ginung Bromo Terkendali, Resort TNBS Hentikan Pemadaman Sementara

Hutan Terbakar, Sholat Istisqo di Gunung Semeru


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber