Berita Terbaru :
Wastafel Mobile Polres Bangkalan Siap Layani Masyarakat
Para Bakal Calon Berebut Suara Warga NU di Pilkada Sumenep
Musim Panen Harga Bawang Merah Anjlok Drastis
   

Museum R Roestamadji, Tunjukkan Jejak Perjuangan Kapolres Trenggalek Pertama
Tempo Doeloe  Senin, 23-09-2019 | 04:15 wib
Reporter : Simon Bagus, Mochammad Herlambang
Trenggalek pojokpitu.com, Polres Trenggalek meresmikan museum r roestamadji yang terletak di sisi timur kantor Mapolres. Roestamadji merupakan Kapolres pertama Kabupaten Trenggalek berpangkat ajun komisaris polisi dan merupakan salah satu tokoh perjuangan lokal Di trenggalek.

Museum ini berisi benda-benda peninggalan AKP Roestamadji. Seperti buku yang ditulis tangan, naskah-naskah penting tulisannya, alat tulis pribadi, seragam serta pelengkapannya dan foto-foto lawas zaman dulu. Barang-barang di museum merupakan koleksi keluarga Roestamadji.

Seperti dikatakan Kapolres Trenggalek, AKBP Didit Bambang Wibowo Saputro, nantinya akan ada sepeda juga yang akan dihibahkan keluarga untuk ditempatkan di museum itu. "Sepeda itu milik pak Roestamadji," ujarnya.

Salah satu koleksi yang menarik adalah naskah amanat peringatan hari bhayangkara tahun 1952 yang ditulis sendiri oleh Roestamadji. Banyak juga catatan tentang perjalanan mengenai riwayat kepolisian yang beliau tulis.

Museum itu dibuka untuk umum.warga yang datang ke mapolres untuk urusan lain bisa sekalian mampir melihat koleksi tersebut. Museum ini dikelilingi dinding-dinding kaca, barang-barang peninggalan itu bisa dilihat dari sisi luar bangunan.

Roestamadji mengakhiri masa jabatan kapolres trenggalek tahun 1960. Ia purna tugas pada 1978, lalu pada 11 Agustus 1990, beliau wafat dan dimakamkan di kompleks pemakaman Setono Gedong Trenggalek.

Berdasarkan catatan sejarah yang dihimpun polres trenggalek,nama AKP Roestamadji disebut dalam penyerbuan tangsi polisi tahun 1948 karena menolak membebaskan seorang perampok yang meresahkan.

Ia juga menjadi saksi penyerahan pemerintahan dari Belanda kepada perwakilan RI di Trenggalek pada tahun 1949. (yos)

Berita Terkait

Museum R Roestamadji, Tunjukkan Jejak Perjuangan Kapolres Trenggalek Pertama
Berita Terpopuler


Cuplikan Berita
Puluhan Peserta UTBK Rapid Test di Lokasi Ujian
Pojok Pitu

Gempar, Bayi Perempuan Dibuang di Teras Rumah Warga
Pojok Pitu

Diduga Bawa BBM, Sebuah Mobil Terbakar di Dekat SPBU Keting
Jatim Awan

Diserang Tikus, Petani Ponorogo Resah
Jatim Awan


Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber