Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Life Style 

Mengolah Limbah Minyak Jelantah Menjadi Sabun
Sabtu, 21-09-2019 | 18:30 wib
Oleh : Amar Bahri
Surabaya pojokpitu.com, Sisa minyak goreng atau minyak jelantah sering dibuang begitu saja karena dianggap sebagai limbah. Di tangan Komunitas Muda Mudi Surabaya, limbah minyak jelantah bisa diolah kembali menjadi sabun dan aneka kerajinan bernilai ekonomis tinggi.

Komunitas Muda Mudi Surabaya memberikan pelatihan mengolah limbah rumah tangga dengan cara yang sederhana. Bertujuan memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya ibu rumah tangga.

Menurut Cak Ubet, salah satu anggota KMMS, untuk mendapatkan minyak jelantah, sudah bekerjasama dengan warga sekitar. Warga bisa menjual minyak jelantahnya atau sekedar disedekahkan.

Minyak yang akan diolah, akan dicampur dengan air panas yang sudah diberi soda api dan pewangi. Seperti aroma kopi, pandan, atau mawar. Setelah menghangat, lalu diaduk dengan minyak jelantah, hingga teksturnya mengental seperti adonan kue.

Adonan kemudian dimasukkan ke dalam cetakan hingga mengeras. Sabun padat yang akan digunakan untuk kerajinan tangan bisa langsung digunakan. Sabun yang akan digunakan mencuci pakaian, terlebih dahulu didiamkan hingga 2 bulan.

"Meski usaha belum genap setahun, hasil karya warga Kendangsari sudah dikirim ke berbagai daerah Seperti Jakarta dan Bandung," kata Cak Ubet.

Selain untuk membantu menggerakkan sumber daya manusia di area sekitar, komunitas ini juga berharap agar masyarakat bisa sadar untuk bersama sama menjaga lingkungan dengan memanfaatkan limbah rumah tangga. (pul)



Berita Terkait


Mengolah Limbah Minyak Jelantah Menjadi Sabun


Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber