Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Panen Raya Udang Vannamei dilaksanakan di Instalasi Budidaya Air Payau (IBAP) Kabupaten Trenggalek. Budidaya udang vannamei di tempat itu menerapkan cara yang berbeda, yakni menggunakan teknologi probiotik berbasis herbal. Foto Simon
Panen Raya Udang Vannamei IBAP Prigi Dengan Probiotik Herbal, Hasilnya Wah..
Sabtu, 21-09-2019 | 14:15 wib
Oleh : Simon Bagus, Mochammad Herlambang
Trenggalek pojokpitu.com, Sekitar 18 ton udang vannamei dipanen dalam kegiatan itu secara bertahap. Udang itu dipanen dari 10 kolam budidaya. Panen raya memakan waktu sekitar 3 hari, dan udang yang dipanen memiliki ukuran yang beragam.

Menurut Subladri, pengelola IBAP Prigi Kabupaten Trenggalek, budidaya udang vannamei di tempat itu menerapkan cara yang berbeda, yakni menggunakan teknologi probiotik berbasis herbal. Mulai dari hulu hingga hilir, budidaya tersebut tak menggunakan bahan kimia. "Budidaya ini lebih aman dan ramah lingkungan. Standar Operasional Prosedur (SOP) budidaya probiotik berbasis herbal itu sudah diadopsi petambak udang vannamei nasional di berbagai daerah," kata Subladri.

Masa panen juga lebih singkat dibanding cara konvensional. Panen bisa dilakukan setiap sekitar 70 hari. Dalam 18 bulan ini, rekor baru dicapai IBAP Prigi yang sudah berhasil panen 7 kali. Dengan panen perdana 3 Februari, lalu saat ini siklus yang ketujuh. Sementara pada umumnya, setahun panen 3 kali.

Keuntungan lain panen dengan sistem itu, yakni tidak memakai planton. Plankton bisa menjadi penyebab kematian udang. Penggunaan SOP ini bisa meminimalisir plankton. Kelebihannya, plankton membuat kincir dua kali lebih banyak. Dengan ini, bisa menghemat kincir dan listrik sekitar 50 persen.

Untuk probiotik berbasis herbal, budidaya itu menggunakan ramuan alami yang terbuat dari sekitar 30 jenis rempah dan tanaman. Probiotik itu bisa dibeli oleh siapapun karena sudah diproduksi massal.

Probiotik itu difermentasikan dengan teknologi nano pada pakan udang. Hasilnya, bisa meningkatkan nutrisi dan mikroba, yang menciptakan sistem kekebalan tubuh pada udang. Sehingga udang lebih prima. (pul)

Berita Terkait


10 PMK Dikerahkan, Hingga Siang Ini Api Belum Padam

Gudang Kayu di Lingkar Timur Ludes Terbakar

Panen Raya Udang Vannamei IBAP Prigi Dengan Probiotik Herbal, Hasilnya Wah..

Gudang Rongsokan Dilalap Si Jago Merah


Tiga Gulungan Kabel Besar PLN Terbakar di Gudang

Gudang Kayu di Lingkar Timur Ludes Terbakar

Satpol PP Madiun Segel Bangunan Gudang Tak Berizin

Panen Raya Udang Vannamei IBAP Prigi Dengan Probiotik Herbal, Hasilnya Wah..

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber