Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Ekonomi Dan Bisnis 

Gapero Tolak Rencana Pemerintah Menaikkan Cukai Rokok
Jum'at, 20-09-2019 | 18:44 wib
Oleh : Selvy Wang
Surabaya pojokpitu.com, Gabungan Perusahaan Rokok (Gapero) Surabaya menolak rencana pemerintah untuk menaikan cukai rokok 23 persen dan harga jual eceran sebesar 35 persen. Gapero berpendapat , hal itu akan membuat daya beli menurun serta membuat rokok ilegal akan laku keras.

Rencana pemerintah untuk menaikan cukai rokok sebesar 23 persen dan harga jual eceran sebesar 35 persen di tahun 2020 mendatang, menuai reaksi protes dari Gabungan Perusahaan Rokok (Gapero) Surabaya. Pasalnya, dampak dari kenaikan cukai rokok, membuat harga rokok di pasaran menjadi lebih mahal yang pasti akan bepengaruh pada daya beli konsumen..

Menurut Sulami Bahar, Ketua Gapero Surabaya, naiknya cukai rokok, diprediksi akan membuat rokok ilegal semakin laku keras di pasaran karena harganya murah dan tidak terbebani pajak.

"Dampak lainnya adala ekosistem usaha rokok akan terganggu, seperti penyerapan tembakau dan cengkeh menurun, serta ancaman efisiensi karyawan," tutur Sulami Bahar.
 
"Berdasarkan data Gapero, selama kurun waktu 3 tahun ini penjualan menurun 1 hingga 3 persen per tahun. Sementara untuk produksi pada semester 1 / 2019 turun 8,6 persen dan diprediksi pada tahun 2020 volume produksi akan turun sebesar 15 persen. Industri rokok di Jawa Timur sendiri memberikan kontribusi untuk nasional sebesar 65 persen atau sekitar Rp 90,74 triliun," papar Sulami Bahar.

Untuk diketahui, Gapero terdiri dari  454 pabrik rokok di Jawa Timur, yang kebanyakan adalah pabrikan kretek. Didalamnya terdapat 4,5 juta pekerja, mulai dari petani, distributor, agen , hingga pedagang eceran.(end)

Berita Terkait


Petani Mulai Resah Dengan Rencana Naiknya Cukai Rokok 23 Persen

Gapero Tolak Rencana Pemerintah Menaikkan Cukai Rokok

Kenaikan Cukai Rokok Dikuatirkan Bisa Mematikan UMKM

Jawa Timur Masih Diserang Rokok Ilegal


Cukai Rokok Naik, Pengusaha Minta Pemerintah Tegas Berantas Rokok Ilegal

Pemilik Percetakan Palsukan Pita Cukai Rokok Dituntut 2 Tahun Penjara

Terdakwa Pemalsuan Cukai Rokok Divonis 2 Tahun 6 Bulan

Palsukan Cukai Rokok, Sanusi Dituntut 3 Tahun Penjara

Sponsored Content

loading...
Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber