Beranda       Nasional       Internasional       Life Style       Olah Raga       Opini       Sorot
Peristiwa 

BPCB: Petirtaan Sumberbeji Mirip Lokasi Pesugihan
Jum'at, 20-09-2019 | 17:31 wib
Oleh : Saiful Mualimin
Jombang pojokpitu.com, Ekskavasi yang dilakukan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur di Petirtaan Sumberbeji Jombang mulai menunjukan bentuk asli dari bangunan tersebut.

Situs petirtaan ini konsepnya mengarah pada lokasi pesugihan zaman majapahit. Sejumlah petunjuk mulai dari jaladwara atau pancuran air berbentuk naga hingga arca garuda di temukan di lokasi tersebut.

Proses ekskavasi yang dilakukan BPCB Jawa Timur di Sendang Sumberbeji Desa Kesamben Kecamatan Ngoro Jombang, terus dilakukan. Tim melakukan penggalian dengan cara manual di lokasi yang ditemukan berukuran lebar 20 meter dengan panjang  17 meter berbentuk persegi.

Di tengah bangunan berstruktur bata merah kuno ini, tim kembali menemukan jaladwara yang sudah terkubur. Tim langsung mengevakuasi jaladwara yang masih berbentuk utuh tersebut.

Selama proses ekskavasi ini tim sudah menemukan sejumlah jaladwara atau pancuran air. Termasuk arca garuda yang masih menempel di dinding tembok.

Wicaksono Dwi Nugroho, Arkeolog BPCB, mengatakan, dari sejumlah temuan ini menunjukan lokasi petirtaan ini diduga digunakan oleh bangsawan atau keluarga raja saat itu.

"Yang menguatkan dugaan tersebut di lokasi pecahan  porselin atau tembikar milik bangsawan masa dinasti song abad 10 hingga 12 masehi dan dinasti yuen abad 12 hingga 14 masehi. Dari bentuk dan peninggal barang yang ditemukan diperkirakan petirtaan ini mirip konsep pesugihan zaman dulu," kata Wicaksono Dwi Nugroho.

Wicaksono menambahkan, selain barang tersebut,bpcb juga menemukan saluran air masuk berasal dari barat dan pembuangannya ke arah timur laut.

Di tengah petirtaan ini ada bangunan utama berukuran 6,5 kali 6,5 meter diduga lokasi pemujaan. Petugas juga menemukan runtuhan menara dibagian tengah.

Bagian tengah menara ini berbentuk meru atau gunung tempat dewa bersemayam dikelilingi air samudra yang mengeliling dewa itu. (yos)

Berita Terkait


BPCB: Petirtaan Sumberbeji Mirip Lokasi Pesugihan

Berita Utama Lihat Semua

Berita Terkini Lihat Semua

Berita Terpopuler Lihat Semua

Surabaya Raya Lihat Semua

Rehat Lihat Semua



Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Pedoman Pemberitaan Media Siber